Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Minggu, November 05, 2017

HANYA SATU PEMIMPINMU !

Beberapa hari lalu Paus Fransiskus dalam homilinya menghimbau orang-orang yang hadir agar mendoakan para pemimpin, baik yang duniawi maupun yang rohani, sebab mereka itu dipilih untuk memimpin umat-Nya dan menghantar mereka semua menuju kesejahteraan lahir dan batin. Para pemimpin harus memiliki kekuatan dari Tuhan melalui doa-doa seluruh rakyat (umat) supaya mereka bekerja dengan penuh tanggung jawab demi keselamatan semua orang yang mereka pimpin.

Pada zaman hidupnya Maleakhi terjadi kemerosotan moral dalam diri para pemimpin rohani di Israel, terjadi korupsi dan penyalahgunaan wewenang, hidup perkawinan berantakan oleh karena banyaknya perceraian. Karna itu dalam bacaan pertama hari ini Maleakhi menyampaikan nubuat penuh ancaman dan kecaman bagi para pemimpin rohani yang membuat banyak orang tergelincir dalam ke dalam kesalahan dan kejahatan, karena cara hidup mereka yang salah (Mal 1:1b-2:2b.8-10). Ancaman ini bertujuan agar para pemimpin ini bertobat dan kembali taat kepada hukum-hukum Tuhan. Allah adalah pemimpin besar dan satu-satunya yang patut disembah dan dimuliakan. Tak ada Tuhan yang lain selain Allah.

Dalam Injil Tuhan Yesus mengecam para ahli Taurat dan orang Farisi karena cara hidup mereka yang tidak sesuai dengan tanggung jawab yang mereka terima. Mereka membebani umat dengan banyak aturan, suka pamer kekuasaan, kesalehan, suka dihormati namun hidup mereka tidak sesuai dengan apa yang mereka ajarkan (Mat 23:1-12). Untuk itu Yesus menganjurkan agar tidak meniru cara hidup mereka yang tidak jujur. Tuhan Yesus mengingatkan kita bahwa para pemimpin yang sombong akan direndahkan sedangkan pemimpin yang rendah hati akan ditinggikan. Dalam hubungan dengan ini Yesus menekankan bahwa Pemimpin kita hanya satu yaitu Kristus. Segala bentuk pelayanan para imam, para pemimpin hendaknya berpusat kepada Kristus, terarah kepada Kristus, demi keselamatan banyak orang. Tuhan satu-satunya pemimpin kita. Yesus Kristuslah yang menjamin keselamatan kita. Hanya nama-Nya saja yang patut kita muliakan.

Demi Kristus yang telah mengorbankan hidup-Nya untuk keselamatan manusia, St. Paulus dalam hidupnya berusaha mewujudkan cinta Kristus seperti seorang ibu yang mengasuh dan merawati anaknya demi keselamatan seluruh umat Allah (1 Tes 2:7b-9.13). Komitmen Paulus disampaikan dalam suratnya kepada jemaat di Tesalonika hari ini. Kita tahu komitmen ini bukan isapan jempol. Paulus telah melakukan yang terbaik dalam hidupnya. Ia menghayati iman, harap dan kasih-Nya kepada Tuhan dan sesama dengan penuh tanggung jawab. Terikat oleh sabda Allah yang bekerja giat dalam dirinya ia mengabdikan hidupnya sebagai rasul yang rela berkoban untuk Tuhan dan sesamanya. Paulus hidup dalam kemenangan untuk menghantar semua orang lain kepada Yesus Kristus. Isi surat-suratnya selalu mengarahkan orang lain untuk memandang Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.    


Adhitz Ads