Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Sabtu, Oktober 07, 2017

PENGASUHMU YAKNI ALLAH KEKAL ! (Maria, Ratu Rosari)

Dalam artikel tentang doa pribadi dari Konstitusi Ordo Santa Ursula ditulis ketetapan sebagai berikut: “doa pribadi kita merupakan hak istimewa untuk berjumpa dengan Tuhan yang bersemayam di lubuk hati kita” (artikel 59). Itu berarti setiap anggota ordo ini wajib menjalankan kegiatan doa pribadi, bahkan ditegaskan dalam artikel 60: “Komunitas mengusahakan supaya hak setiap suster untuk berdoa dihormati”. Mengapa ada ketetapan dan penegasan demikian? Hal itu tidak lain supaya para pengikut St. Angela ini sungguh-sungguh hidup dalam Allah dan Allah hidup dalam diri mereka. Dengan kata lain, ini adalah sebuah kesaksian hidup yang perlu mereka wartakan kepada semua orang bahwa orang beriman tidak boleh melupakan Allah-nya. Sebab kita yakin Allah itu Pencipta, Penyelenggara, Pemelihara, Pengasuh hidup manusia.

Dalam bacaan pertama hari ini (Bar 4:5-12.27-29) nabi Barukh memperingatkan umat Israel agar tidak mengulangi kembali kejahatan mereka meninggalkan Allah, sebab keyakinan akan Allah sebagai Pencipta dan Pengasuh hidup manusia telah menjadi warisan utama sejak Abraham, Ishaak dan Yakub. Semua kesusahan dan kepahitan terjadi karena mereka mengabaikan semua tuntunan Allah melalui hukum-hukum-Nya. karena mereka lebih percaya kepada dirinya sendiri dan pengaruh bangsa-bangsa asing. Barukh meminta mereka agar kembali kepada Tuhan dan mendengarkan Dia. Singkatnya mereka harus bertobat dan kembali memperbaiki hubungan dengan Tuhan. Tuhan adalah Pengasuh yang kekal.

Injil menceritakan pengalaman 72 murid tentang karya perutusan mereka. Syering mereka tampaknya penuh sukacita. Namun Tuhan Yesus mengingatkan mereka agar jangan terlalu bersukacita karena kemenangan mereka dalam karya-karya itu tetapi sebaiknya bersukacita sebab nama mereka tercatat sebagai rekan kerja Allah dalam Kerajaan-Nya. Tuhan Yesus pun ikut bersyukur atas apa yang terjadi atas para murid-Nya. Kuasa Roh Kudus telah menyertai mereka (Luk 10:17-24). Pengalaman kehadiran Allah ini kemudian membuat hati para murid itu berkobar-kobar untuk melanjutkan karya keselamatan Tuhan setelah mereka semua menerima Roh Kudus.

Hari ini Gereja mengajak kita untuk memperingati pesta Bunda Maria, Ratu Rosari. Devosi Rosario bukan sekedar devosi untuk Bunda Maria, tetapi devosi yang mendekatkan kita pada Puteranya Yesus Kristus, sebab seluruh renungan dalam tiap peristiwa Rosario adalah renungan tentang asal usul dan karya Yesus selama berada di dunia ini. Maria mengambil bagian penuh dalam karya Puteranya karena dia adalah ibu Yesus, yang mengandung, melahirkan dan memelihara, mendoakan karya Yesus serta menyertai Yesus hingga wafat di kayu salib. Doa Rosario bukan mengutamakan Maria tetapi dengan doa itu Maria akan selalu mendampingi kita agar kita bisa berjumpa dengan Puteranya dan akhirnya kita bisa berjalan bersama Yesus menuju sukacita abadi.

Selain itu kita tahu bahwa dengan berdoa Rosario pengaruh setan dan kroni-kroninya dipatahkan, sebab Bunda Maria telah diberi kuasa untuk menginjak ular, lambang setan. Itu berarti dengan berdoa Rosario, Bunda Maria akan melindungi kita dengan mantol keibuannya agar kita tidak jatuh ke dalam godaan setan; dan ia akan mengingatkan kita juga bahwa kuasa Puteranya jauh lebih kuat dari kuasa setan. Jangan takut. Allah adalah Pengasuhmu !     


Adhitz Ads