Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Senin, Desember 18, 2017

OLEH KUASA ROH KUDUS !

Yoakim dan Anna tak pernah membayangkan perjalanan anak tunggal mereka yang bernama Maria. Sebagai orang tua beriman, yang hidupnya mereka hanya mendidik Maria hidup sesuai hukum Taurat. Inti hukum itu: mencintai Tuhan dengan segenap hati dan mencintai sesama manusia seperti diri mereka sendiri. Ternyata diam-diam Allah telah melindungi Maria sejak dari kandungan ibunya, steril dari dosa asal, agar kelak pada saatnya ia menerima panggilan menjadi ibu Emanuel, Allah beserta kita!

Rencana Allah sangat matang dan penuh rahmat Ilahi. Allah mengilhami nabi Yesaya 7 abad sebelum semuanya terjadi dan ia bernubuat: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel (Yes 7:14). Rencana yang matang ini tidak bisa ditolak oleh siapa pun yang telah direncanakan Allah untuk berperan serta di dalamnya rencana itu. Dengan sedikit dialog Maria menerima kedatangan malaikat Gabriel dengan penuh iman dan pada akhirnya dia menjawab “jadilah padaku menurut perkataanmu itu”.

Yusuf telah bertunangan dengan Maria, tetapi kemudian  mendengar Maria telah mengandung, lalu dengan dengan diam-diam dia berencana untuk tidak melanjutkan hubungan itu. Akan tetapi kuasa Allah, melalui malaikat, bertindak meyakinkan Yusuf bahwa kandungan Maria berasal dari Roh Kudus. “Maria akan melahirkan seorang anak laki-laki dan engkau akan menamai Dia Yesus, karena Dia yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka”. Yusuf pun menerima perintah malaikat itu dan mengambil Maria sebagai istrinya (Mat 1:18-24).

Maria dan Yusuf telah masuk dalam rencana Allah, mereka tak dapat menolak rencana itu, sebab saatnya telah tiba Allah harus menggenapi semua janji yang telah disampaikan melalui para nabi-Nya. Keduanya termasuk dalam “rekan kerja Allah” untuk memelihara Yesus yang telah dikandung Maria, isterinya. Karena kuasa Roh Kudus, Yusuf sungguh menghormati Maria sebagai ibu Tuhan, maka ia menjalankan tugasnya dengan baik untuk melindungi, memelihara, dan memungkinkan semua rencana Allah terwujud dengan baik.

Kuasa Roh Kudus menghadirkan Yesus dalam kandungan Maria, Maria pun dipenuhi oleh kuasa itu secara sempurna dan menguduskan tanpa noda. Oleh kuasa Roh Kudus Yusuf menjalankan tugasnya dengan sempurna dalam ketulusan dan ketaatan kepada kehendak Allah. Kuasa Roh Kudus itu juga yang memenuhi Yesus sejak dalam kandungan ibunya hingga kebangkitan-Nya dari orang mati dan naik ke surga. Oleh kuasa Roh Kudus para rasul mengerti semua yang terjadi atas diri guru-Nya dan mereka akhirnya mengakui bahwa Yesus itu Tuhan dan Mesias. Mari kita nantikan kedatangannya secara baru pada perayaan natal ini. Kiranya oleh kuasa Roh Kudus, terjadilah damai di seluruh muka bumi ini, sebab Allah beserta kita. Amin    




Adhitz Ads