Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Kamis, September 08, 2016

BEKERJA UNTUK MENDATANGKAN KEBAIKAN ! (pesta kelahiran St. Maria)



Menurut keyakinan Gereja Katolik, setiap orang dari antara kita telah dipanggil dan ditetapkan Allah untuk mengambil bagian dalam rencana-Nya yang agung. Karena itu sekecil apapun partisipasi kita dalam rencana-Nya, semua itu dirancang untuk mendatangkan kebaikan – keselamatan, baik itu kebaikan bersama maupun perorangan. Jika kita menyadari panggilan dan tujuan penetapan itu dan menerimanya dengan iman, maka kita sungguh-sungguh bersyukur atas rencana yang hebat itu bagi diri kita masing-masing.

Dalam hubungan dengan pesta kelahiran Bunda Maria hari ini, melalui silsilah yang dibeberkan penginjil Matius kita yakin bahwa Bunda Maria, Bunda Yesus sudah direncanakan Allah untuk mengambil bagian dalam rencana agung Tuhan demi keselamatan manusia. Manusia telah lahir dalam dosa dan membawa beban dosa pusaka. Manusia berdosa patut diselamatkan jika tidak sia-sialah Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk citra-Nya. Nabi Mikha dalam bacaan pertama telah menggambarkan hal itu dalam nubuatnya: “Hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala. Sebab itu ia akan membiarkan mereka sampai waktu perempuan yang akan melahirkan telah melahirkan” (Mi 5:2-5a). Perempuan yang dimaksud nabi Mikha ini tidak lain adalah Maria, sebab dari Maria lahir bagi kita Sang Juru Selamat yang diangkat Allah menjadi raja atas umat-Nya. Penginjil Lukas meneguhkan kesaksian Mikha dalam tulisan silsilah rancangan Allah itu sejak panggilan Abraham sampai dengan kelahiran Yesus Kristus, putera Maria, yang didampingi Yusuf suaminya (bdk Mat 1:1-16. 18-23)

Allah sungguh telah merencanakan semua ini melalui orang-orang yang dipilih-Nya, Abraham – Isaak – Yakub hingga Yesus Kristus. Semua nama yang tercantum dalam silsilah itu tentu telah mengambil bagian dengan caranya masing-masing, entah itu disadari atau tidak. Melalui mereka itu nubuat para nabi dipenuhi. Allah bekerja melalui mereka semua yakni untuk mendatangkan kebaikan – keselamatan bagi segenap bangsa manusia, terutama orang-orang yang percaya akan warta keselamatan itu.

Allah bekerja untuk mendatangkan kebaikan. Ini dasar iman kita dari warta hari ini. Jika kita menerima kebenaran ini sebagai dasar iman dalam menjalankan visi misi kita dalam karya di tengah dunia ini, maka Tuhan akan bekerja lebih dahsyat lagi dalam kehidupan kita masing-masing. Sebagaimana Tuhan telah melakukan karya besar-Nya dalam hidup Bunda Maria, demikian juga Tuhan akan melakukan karya besar-Nya dalam dalam diri kita. Kunci yang dipegang Bunda Maria dalam imannya: Jadilah kehendak-Mu. Dengan perkataan ini, Maria membiarkan Tuhan mengerjakan segala yang baik bagi penebusan dunia melalui dirinya. Segala pengalaman baik buruk yang terjadi pada Maria, bersama Yesus puteranya, semuanya terjadi dalam pantauan dan rencana Tuhan sendiri. Amin
   

Adhitz Ads