Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Sabtu, Juni 17, 2017

SUMPAH ITU BERBAHAYA, JIKA PALSU !



Jika manusia tidak berhati-hati dalam menjaga integritas dirinya, terutama dalam menjaga sumpah/janji di hadapan Tuhan dan sesama, maka sumpah itu bakal merugikan seluruh hidup dan pekerjaan serta pelayanannya di tengah dunia ini. Sumpah biasa dibuat ketika seseorang menerima jabatan tertentu dalam masyarakat, juga dalam hidup menggereja, saat seseorang dilantik untuk menjalankan tugas tertentu. Sumpah itu juga dilakukan oleh suami istri saat mereka menerima sakramen perkawinan dalam Gereja Katolik.

Demi menjaga kewaspadaan itu Tuhan Yesus dalam wejangannya hari ini bersabda: “Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah...........”. (Mat 5:33-37). Kalau mau bersumpah jagalah sumpah dengan penuh tanggung jawab, sebab sumpah palsu selalu mempunyai resiko yang buruk bagi hidup kita. Karena itu Tuhan Yesus menganjurkan kita sebuah jalan yang paling baik dan aman yakni, jaga mulut, jaga kejujuran: kalau YA katakan YA, kalau TIDAK katakan TIDAK, lebih dari itu berasal dari si jahat. Sebab di dunia ini banyak orang terjerat dengan perkataannya sendiri, entah dalam bentuk sumpah atau ucapan sederhana lainnya. Sebab kelemahan utama manusia adalah mudah dalam berkata-kata tetapi sering tersandung dalam perbuatan.

Sumpah palsu itu dosa yang bisa menjerumuskan kita ke dalam banyak bahaya yang menelan kita di seputar hidup kita setiap hari. Karena itu St. Paulus mengingatkan kita dengan mengatakan: “Siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru” (bdk 2 Kor 5:14-21). Ciptaan baru berarti sebuah ciptaan yang sudah dibersihkan dari kuasa dosa oleh darah Kristus yang tertumpah di salib. Sebagai ciptaan baru, anak-anak Allah hendaknya menjaga integritas kejujuran. Sebab orang bilang, ketidakjujuran itu akar dari segala kejahatan, ketidakjujuran menutup kebenaran, ketidakjujuran menutup kehadiran kuasa – daya Allah di dalam diri seseorang. Kalau kita kehilangan daya Ilahi itu maka kita menjadi tak berguna atau tak berdaya untuk melawan segala kejahatan yang menggoda hidup kita setiap hari.

Karena itu jagalah sumpah – janji – kaul kehidupan dengan jujur di hadapan Tuhan. Jika palsu ia akan menjadi racun !









Adhitz Ads