Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Sabtu, Juli 16, 2016

KEPADANYA SEMUA BANGSA BERHARAP !



Sesudah kita memilih Presiden dan Wakil Presiden setiap lima tahunan melalui pemilihan langsung seperti sekarang ini, seluruh rakyat sangat berharap bahwa melalui kepemimpinan mereka cita-cita sejahtera lahir batin bangsa ini dapat tercapai. Harapan ini bukanlah sekedar harapan tetapi lahir dari hati setiap rakyat dalam negeri karena kita ingin mencapai kesejahteraan seperti bangsa-bangsa lain. Akan tetapi jika rakyat hanya berharap lalu tidak mau mengambil bagian secara aktip untuk bekerja dan bekerja sesuai potensinya masing-masing, maka harapan itu tak mungkin tercapai. Presiden Jokowi bilang: jika mau maju dan kaya, kita harus bekerja keras. Karena itu ia menamakan kabinetnya: Kabinet Kerja !

Tuhan sudah merancang segala rencana-Nya yang agung untuk manusia ciptaan-Nya dan menempatkan mereka di taman Firdaus. Akan tetapi kuasa dosa telah menghancurkan rencana itu. Meski demikian Allah tidak bersikap diam. Allah tetap bekerja dan bekerja, lalu memilih suatu bangsa, yaitu Israel, untuk meneruskan rancangan penyelamatan-Nya. Puncaknya terjadi pada karya Yesus Kristus. Bagi yang percaya kepada-Nya mengatakan: Kepada-Nya segenap bangsa berharap. Dalam bahasa yang paling disukai para pengikut-Nya sekarang ini adalah: YESUSLAH ANDALANKU ! Mengapa Dia menjadi harapan dan andalan? Kesaksian para rasul dan para kudus telah meyakinkan kita bahwa YESUS SAJALAH SATU-SATUNYA JURU SELAMAT KITA, yang sanggup menghantar kita kepada kesejahteraan lahir dan batin. Yesus telah menunjukkan kepada kita jalan kesselamatan itu, tinggal kita mau mengikutinya atau tidak.

Hari ini Matius pengarang Injil meyakinkan kita bahwa dalam Yesus segala nubuat Yesaya dalam Perjanjian Lama terpenuhi.  Sebab “Dialah hamba yang dipilih dan dikasihi Allah. Roh Allah telah dicurahkan atas-Nya dan Allah berkenan kepada-Nya”! Meskipun bangsa terpilih ini menolak-Nya, namun justru melalui penolakan itu semua janji Allah terpenuhi. Walaupun Yesus telah menjadi seperti “buluh yang patah terkulai namun rencana-Nya tetap berjalan sukses,  dan meskipun Dia seperti “sumbu yang pudar nyalanya” namun Ia tetap bernyala, bahkan Ia menjadi cahaya dunia. Tuhan mengubah segala hambatan yang terjadi dalam diri Yesus Kristus menjadi berkat bagi keselamatan manusia. Maka kepada-Nya segenap bangsa manusia berharap dan berserah (bdk Mat 12:14-21)

Percuma manusia membuat rancangan-rancangan kejahatan melawan Tuhan dan orang-orang pilihan yang dipakai Tuhan menjadi pemeran utama dalam rencana penyelamatan-Nya. Sejahat apapun rancangan-rancangan manusia terhadap Tuhan tak akan pernah bisa melawan Tuhan, bahkan sebaliknya akan menjadi mala petaka bagi diri mereka sendiri (bdk Mi 2:1-5). Kuasa kegelapan si jahat tak akan pernah bisa melawan cahaya kasih Tuhan. Tuhanlah pencipta dan penguasa atas hidup kita, Tuhanlah penyelamat dan penebus kita. Segala rancangan-Nya telah terlaksana secara sempurna melalui salib dan kebangkitan-Nya. Tak ada karya manusia seagung karya Yesus Kristus. Kalau segala bangsa berharap kepada-Nya, maka harapan itu tak akan pernah menjadi sia-sia.

Mungkin hidup Anda dan saya sekarang ini telah menjadi seperti buluh yang terkulai dan sumbu yang hampir padam, mengandalkan Tuhan dan berharap kepada-Nya tidak akan pernah menjadi harapan yang sia-sia. 




Adhitz Ads