Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Kamis, Juli 07, 2016

USIRLAH SETAN-SETAN !



Dua tahun lalu seorang ibu dihantar ke pastoran tempat kami tinggal. Sehari sebelumnya keluarganya sudah menyampaikan kepada saya tentang keadaan ibu itu. Keluarganya meminta saya mendoakan dia. Saat ia datang saya sudah memakai jubah. Ketika melihat saya dalam keadaan seperti itu langsung ia berteriak dalam bahasa Jawa: “Aku mule” – aku pulang. Ibu itu bukan orang Jawa tetapi orang Manggarai, Flores dan tidak mengenal bahasa Jawa sedikit pun. Saya meminta seluruh keluarga yang datang menghantarnya masuk ruang doa. Di ruang doa kami ada gambar Yesus Kerahiman Ilahi. Melihat gambar itu ia berteriak dengan mengucapkan kata yang sama “aku mule” sambil meronta-ronta ketakutan dan menyembunyikan wajahnya dari kami semua. Setelah beberapa kali didoakan dan pada akhirnya didoakan dengan memakai bahasa roh saja, setan itu keluar dan meninggalkan ibu tersebut. Ibu itu sembuh.

Kasus-kasus manusia dirasuki roh-roh jahat bukan hanya terjadi pada zaman Yesus tetapi terjadi sepanjang masa sebab setan sudah ada sejak manusia diciptakan. Mengapa setan merasuki manusia?  Ada banyak sebab atau alasan, misalnya karena disantet orang lain, karena seseorang memakai jimat, akibat rasa takut yang berlebihan atas pengaruh setan, menyembah berhala, luka batin yang mendalam, dosa yang sangat berat, dll. Melihat kenyataan itu Yesus mengutus para murid-Nya, bukan hanya untuk mewartakan kabar baik, menyembuhkan tetapi juga mengusir setan-setan (Mat 10:7-15). Mengapa? Kuasa setan itu merusak dan menyusahkan hidup manusia, membuat manusia tidak nyaman dan selalu diserang rasa takut, membuat manusia tidak mengakui Tuhan atau menolak Tuhan, setan bisa menguasai manusia agar selalu senang berbuat jahat dan hidup dalam dosa-dosa. Setan membuat manusia senang menipu, mencuri, membunuh, merampok, melakukan teror dsb.

Supaya seseorang yang kerasukan setan ini bisa dibebaskan maka doa yang dipakai untuk mengusir setan adalah doa perintah. Misalnya: demi nama Yesus, enyahlah engkau roh jahat, pergilah dari orang ini dan jangan pernah kembali lagi! Namun untuk kasus-kasus yang sangat parah kita membutuhkan seorang exorcist – seorang imam yang diberi kuasa untuk berdoa mengusir setan. Dalam hubungan dengan hal ini, kita semua perlu belajar dengan baik tentang gejala apakah seseorang benar-benar dirasuki roh jahat ataukah hanya luka batin, belajar bagaimana doa yang benar dan baik, ibarat seorang dokter yang memiliki pengetahuan yang benar tentang penyakit-penyakit dan bagaimana cara mengobatinya.

Pada zaman ini ada banyak praktek yang salah dari para pendoa yang tidak pernah belajar tentang diagnosa yang tepat atas kasus-kasus seperti ini dan juga tidak belajar tentang doa yang benar dan tepat. Mereka meremehkan hal-hal seperti ini karena mengandalkan karunia mereka yang luar biasa, lebih dari pada orang lain. Ada juga pendoa yang mengatakan: kalau doa mengusir setan itu hanya boleh malam hari, sebab setan hanya bisa dilihat pada waktu malam, atau ada juga yang mendoakan orang yang kerasukan dengan cara memukul pasien hingga kesakitan. Semua praktek seperti ini harus diwaspadai meskipun hal itu dilakukan oleh seorang religius.

Tuhan berbelaskasih atas umat-Nya. Tuhan rindu kita bisa hidup dalam persatuan yang erat dengan Dia, yang kudus dan mulia. Setan itu takut pada yang kudus. Nabi Hosea bernubuat: Aku ini Yang Kudus di tengah-tengahmu dan Aku tidak datang untuk menghanguskan. Seluruh nubuat Hosea hari ini mengungkapkan bagaimana Tuhan menyatakan kasih-Nya kepada umat pilihan-Nya (bdk Hos 11:1b.3-4.8c-9). Tuhan ingin menyelamatkan umat-Nya dari cengkeraman kuasa dunia yang gelap. Yesus telah melakukan semuanya dan mengutus para murid untuk melakukannya juga. Amin

Adhitz Ads