Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Senin, Januari 09, 2017

BERKELILING SAMBIL BERBUAT BAIK ! (pesta pembaptisan Yesus)



Sr. Briege Mc Kenna O.S.C masuk biara St. Klara dalam usia yang sangat mudah, 15 tahun. Suatu saat ia jatuh sakit berat, hampir lumpuh selama lebih dari tiga tahun. Dalam keadaan seperti itu ia pasrahkan diri kepada Tuhan dan memohon agar mati dengan baik. Namun ketika dia terus menerus berdoa di depan tabernakel suatu saat dia mendapat penglihatan. Tuhan Yesus datang kepadanya dan berkata: Jangan takut, engkau akan Kupakai sebagai alat untuk membantu menyelamatkan banyak orang di dunia ini. Sesudah ia sembuh secara istimewa ia mengkhususkan pelayanannya untuk menjadi pembimbing retret bagi para imam dan awam. Bersama pastor Kevin Scallon CM, ia sudah berkeliling ke mana-mana ke seluruh dunia termasuk Indonesia guna mewartakan kabar baik (membimbing retret) sambil berbuat baik dengan melakukan doa-doa untuk penyembuhan.

Pada pesta pembaptisan Tuhan hari ini nabi Yesaya dalam bacaan pertama bernubuat tentang seorang hamba Tuhan yang diurapi oleh Roh Kudus untuk menyatakan hukum bagi bangsa-bangsa dengan memperdengarkan suara Tuhan ke mana-mana di jalan-jalan. Ia datang untuk menyelamatkan manusia dengan menjadi terang bagi bangsa-bangsa (bdk Yes 42:1-4.6-7). Yang dimaksudkan Yesaya tidak lain adalah Yesus Kristus, Mesias, Sang Juru Selamat.

Injil hari ini mengisahkan kepada kita akan Sang Juru Selamat yang dimaklumkan Bapa di surga sebagai Putera kesayangan-Nya (Mat 3:13-17). Ia menjadi putera kesayangan karena Ia telah lahir sebagai manusia lemah dan akan mengadakan misi penyelamatan dengan korban yang tak terhingga besarnya. Mari kita lihat: sesudah Ia dibaptis, Ia berpuasa di padang gurun selama 40 hari 40 malam, lalu berkeliling untuk mengajar, memanggil para murid, sambil melakukan mujizat-mujizat. Banyak orang mengagumi pengajaran dan mujizat-Nya dan mereka ini selalu berbondong-bondong mengikuti Dia; namun banyak orang dari kalangan menengah ke atas membencinya bahkan pada akhirnya mereka ini menangkap dia, menganiaya-Nya, menghukum mati dengan menyalibkan-Nya sebagai seorang penjahat. Ia wafat tetapi kuasa Allah tetap menyertai-Nya dan Ia bangkit kembali. Dalam hidup dan karya-Nya Yesus sungguh-sungguh berkeliling mengajar sambil berbuat baik. Karena karya-Nya kita ditebus dan selamat.

Rasul Petrus mensyukuri karya Yesus dan ia memberi kesaksian dengan mengatakan:  "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang. Setiap orang dari bangsa mana pun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya..... sesudah baptisan yang diberitakan oleh Yohanes, yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia” (bdk Kis 10:34-38). Sesudah Yesus bangkit Ia mengutus para murid untuk mewartakan kabar sukacita sambil berbuat baik.

Kita adalah anak-anak Allah berkat pembaptisan oleh air dan Roh Kudus. Atas dasar ini kita pun diutus untuk melanjutkan karya Yesus seperti yang diterima para rasul-Nya. Kita diutus untuk mewartakan kabar baik sambil berbuat baik: membaptis, mengajar dan menyembuhkan segala penyakit rohani dan jasmani. Semoga Roh Kudus menuntun kita seperti Ia menuntun para rasul. Amin
  

Adhitz Ads