Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Rabu, Januari 11, 2017

DIA DATANG SEMUANYA SEMBUH !



Dalam dunia kedokteran kita kenal ada dua jenis dokter dilihat dari segi pelayanannya yang membuat pasien nyaman yakni: dokter bertangan dingin dan dokter yang biasa saja. Bertangan dingin artinya: semua pasien yang ditolongnya cepat sembuh, meskipun obatnya cuma jenis generik dan sama dengan dokter lain, yang disebut dokter biasa saja. Dokter bertangan dingin ini pasti laris dan penuh pasien, sedangkan yang biasa ya pas-pas saja.

Dokter yang datang ke kota Kapernaum menurut cerita Injil hari ini bukan dokter sebab tidak berpendidikan dokter tetapi Yesus dari Nasareth, putera Maria dan Yosef. Karena kuasa ajaib yang ada pada-Nya, maka Ia biasa disebut sebagai dokter ilahi atau dokter dari segala dokter. Dengan cara menjamah atau hanya dengan bersabda atau memberi perintah, semua sakit dan penyakit disembuhkan-Nya, bahkan yang cacat seperti buta, lumpuh, bisu, tuli bisa sembuh semuanya. Kuasa penyembuhan itu ada pada-Nya karena Ia adalah Allah yang menjelma menjadi manusia. Cerita Injil hari ini menarik sekali. Sesudah mengajar Ia pergi ke rumah Petrus. Di rumah itu ibu mertua Petrus sakit demam. Dijamah-Nya ibu itu dan ia langsung sembuh dan bangun. Melihat kejadian itu semua yang sakit dan kerasukan dihantar kepada-Nya dan mereka semua disembuhkan. Kuasa-Nya demikian ajaib dan tak seorang pun yang tidak sembuh petang itu.

Berbicara tentang kuasa penyembuhan, kuasa Ilahi pada Yesus tak tertandingi. Semuanya ajaib dan terjadi melalui mujizat, sebab tak satupun dari pasien yang diberi-Nya obat-obatan. Semuanya dengan sabda dan perintah-Nya. Kuasa sabda melekat pada Dia yang datang dari yang Ilahi. Allah mengunjungi umat-Nya, menyembuhkan yang sakit dan menghidupkan yang mati, dst.

Penulis Kitab Ibrani mengatakan: Yesus membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada di dalam perhambaan karena takut akan maut (bdk 2:14-18).  Sakit dan penyakit pada masa itu bahkan hingga sekarang adalah momok yang menakutkan, sebab semua manusia takut sakit dan kematian. Tetapi ketika Dia datang dengan kuasa-Nya yang besar, semua penyakit dilenyapkan, harapan akan mencapai umur panjang menggelora dan bisa terwujud,  kematian bukan lagi menjadi momok tetapi menjadi sahabat dari semua yang percaya kepada-Nya. Oleh kedatangan dan karya tebusan-Nya semua orang yang percaya boleh menerima pembebasan dari semua bentuk ketakutan itu. Dia datang semuanya sembuh.

Pada saat kita merayakan sakramen, sesungguhnya kita menerima rahmat pembebasan dan penyembuhan dari Tuhan, sebab Dia selalu hadir dalam perayaan itu. Namun seringkali saking biasanya pelayanan seperti itu maka jarang sekali orang mau mengimani Dia sebagai dokter yang bisa menyembuhkan. Kiranya mulai hari ini kita kembali membaharui iman kita akan kehadiran-Nya melalui pelbagai pelayanan rohani Gereja, sehingga setiap kali kita merayakannya kita disembuhkan dan dibebaskan !



Adhitz Ads