Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Selasa, Maret 28, 2017

AIR MENGALIR DARI DALAM BAIT-NYA !



Di kota Medan, ada sebuah Gereja yang sangat antik dari segi artistiknya dengan gaya  dan “Sentuhan Hindu”. Atap berundak dengan warna dominan biru tampaknya mirip dengan kuil umat Hindu di India. Tetapi jika diperhatikan secara teliti, di bagian atapnya terlihat simbol salib. Bangunan unik ini berfungsi sebagai Gereja bagi umat katolik keturunan Tamil India di Medan dan dikenal dengan nama Gereja Annai Velangkani.

Yang berkesan bagi saya dalam kunjungan tahun 2007, bukan hanya bangunan luarnya yang cantik itu, tetapi juga seluruh bagian dalamnya yang sangat indah serta mata air yang timbul di belakang gereja. Sejak munculnya mata air ini telah diyakini sebagai air suci yang dapat dipakai untuk pelbagai keperluan umat, terutama untuk penyembuhan pelbagai macam penyakit.

Bacaan pertama hari ini melukiskan pengalaman rohani nabi Yehezkiel tentang munculnya mata air dari dalam Bait Suci, di sebelah selatan mezbah. Air itu mengalir menuju timur, makin jauh dia mengalir ia membentuk sungai yang makin dalam dan menghidupkan segala pepohonan di pinggir kiri kanannya. Pohon-pohon itu menghasilkan buah-buah lebat. Buahnya menjadi makanan dan daunnya menjadi obat (Yeh 47:1-9.12). Pengalaman rohani nabi ini menggambarkan bahwa Tuhan tetap setia  menghidupkan umat-Nya yang haus akan berkatNya, haus akan kasih karunia-Nya serta sentuhan rahmat-Nya. Sebab sudah bertahun-tahun mereka hidup dalam kekeringan rohani akibat penindasan yang mereka alami di tempat pembuangan. Tuhan ingin memulihkan hidup umat-Nya dan ingin memeliharanya dalam kasih yang tak akan berkesudahan.

Pengalaman rohani nabi Yesaya ternyata dirasakan secara nyata oleh seorang yang sudah 38 tahun menderita sakit, dekat kolam Bethesda. Orang sakit ini termasuk salah seorang dari antara begitu banyak orang sakit yang menantikan mujizat kolam Bethesda. Mujizat penyembuhan terjadi bila air kolam itu bergoncang sebagai pratanda datangnya malaikat yang menyentuhnya. Barangsiapa cepat dan turun pertama ke dalam kolam sesudah melihat goncangan itu, ia akan sembuh. Si sakit yang sudah 38 tahun menderita ini selalu tidak mendapat kesempatan pertama turun ke kolam, karena orang lain selalu mendahuluinya, meskipun ia sungguh-sungguh merindukan kesembuhannya. Akan tetapi kerinduan itu akhirnya terpenuhi, ketika Yesus, sumber air kehidupan, datang menjumpainya dan menawarkan rahmat kesembuhan kepadanya. “Maukah engkau sembuh”. Pada saat ia masih menceritakan kendalanya, Yesus berkata kepadanya: “Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah”. Pada saat itu juga si lumpuh bangun dan berjalan (Yoh 5:1-16) Yesus adalah sumber air hidup dan pemilik air kehidupan. Dia sendirilah juga Kepala Bait Suci dan yang mengalirkan rahmat kehidupan, kekuatan, kesembuhan, keselamatan kepada setiap orang yang percaya kepada Allah. Kehadiran Yesus yang tak terduga di tempat itu, tetapi yang tak dikenal oleh si penderita itu, sungguh menjadi jawaban atas kerinduan hati dan doa-doanya.

Di dalam bait Allah (baca: Gereja) para imam selalu merayakan kurban ekaristi, kurban keselamatan, kurban yang menyediakan air kehidupan Ilahi bagi segenap umat Allah. Dari mezbah kurban Kristus ini mengalirlah air kehidupan bagi seluruh umat Allah, bukan saja bagi orang yang sehat tetapi juga bagi semua orang yang menderita penyakit rohani dan jasmani. Dalam buku yang berjudul: Ekaristi, sumber penyembuhan, pastor Robert de Grandis, menulis kesaksian imannya akan penyembuhan rohani dan jasmani dalam ekaristi. Seluruh sakramen itu dari awal hingga akhir mengandung segala macam rahmat bukan saja untuk menguatkan dan menguduskan tetapi juga rahmat untuk menyembuhkan. Ekaristi adalah air kehidupan yang mengalir dari bait-Nya.

.


  

Adhitz Ads