Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Selasa, Maret 07, 2017

FIRMAN TUHAN MENGHIDUPKAN !

Ada pepatah bahasa Latin yang berbunyi: verba docent, exempla trahunt = kata-kata itu mengajar, teladan itu menarik! Itu berarti dalam relasi dengan sesama manusia, hal yang paling utama dilakukan dalam hidup adalah memberi teladan. Kata-kata itu bermanfaat untuk mengajar, mengatakan sesuatu untuk didengar orang lain, menasihati, menuntun atau memberi pedoman agar orang lain bisa mengerti maksud hati dan pikiran kita. Kata-kata bermanfaat untuk berdialog dan membangun relasi serta memberi motivasi.

Firman Tuhan menurut nabi Yesaya hari ini kuasanya lebih dari sekedar hal-hal yang disebut di atas, ia dapat berfungsi seperti air yang mengairi bumi, membuat segala tetumbuhan menjadi subur, firman Tuhan akan berhasil dalam apa yang dikehendaki oleh Tuhan sendiri ketika Tuhan mengucapkannya (Yes 55:10-11).

Kalau kita ingat akan kisah penciptaan pada bab pertama Kitab Kejadian, firman Tuhan membuat ada segala sesuatu dari yang tidak ada. Misalnya, Allah berfirman, jadilah burung-burung yang berterbangan di udara maka burung-burung pun ada, dst. Firman Tuhan sungguh memberi kehidupan atau menghidupkan. Atau kita ingat akan perintah Tuhan Yesus, jadilah engkau sembuh menurut imanmu, dan orang itu pun sembuh.

Injil hari ini menceritakan tentang Yesus mengajar murid-muridNya untuk berdoa. Doa itu bukan saja sebuah doa biasa tetapi sekaligus menjadi firman kehidupan yang memiliki daya dan kuasa untuk menghidupkan seperti yang tertera pada kata-katanya. Doa Bapa Kami mengungkapkan kekudusan Allah, menyatakan kemuliaan Kerajaan Allah, membiarkan kehendak Allah terjadi atas hidup kita, menyatakan kesediaan Tuhan untuk memelihara hidup manusia melalui makanan yang disediakan-Nya, memiliki daya pengampunan untuk dosa sesama terhadap kita, dan dapat membebaskan kita dari segala jenis pencobaan serta kejahatan (Anda bisa membaca kembali kesaksian yang saya tulis tentang kuasa doa Bapa Kami dalam renungan-renungan sebelumnya) (Mat 6:7-15)

Jika kita yakin akan semua kebenaran yang dinyatakan kepada kita dalam pengajaran Tuhan sendiri maka firman Tuhan ini sungguh membuat segalanya menjadi hidup atau menghidupkan. Ia menghidupkan yang mati, menyembuhkan yang sakit, membebaskan orang yang dirasuki kuasa jahat, mengenyangkan yang lapar, membuat si lumpuh berjalan, si buta bisa melihat, si tuli mendengar, si bisu bisa berbicara. Betapa ajaib kuasa firman Tuhan ini dan betapa ajaib juga Tuhan yang menghidupkan kita dengan sabda-Nya.

Bacalah firman Tuhan setiap hari, dan firman itu akan memberimu kehidupan yang tanpa batasnya, sebab kuasa Allah dalam firman-Nya juga tak terbatas. Amin

Adhitz Ads