Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Kamis, Maret 30, 2017

KESAKSIANNYA BENAR !



Bukan lagi menjadi cerita baru di negeri ini, kalau masalah politik telah merusak banyak sendi persaudaraan dan perdamaian antar saudara, keluarga, kelompok, suku dan agama. Demi jabatan orang menggadaikan semua hubungan baik dengan membangun permusuhan melalui “black campaign”, saling menjatuhkan, menjual nama baik, berbohong dan melecehkan orang lain dengan pelbagai cara yang menyakitkan hati dan menciptakan permusuhan. Ketika persoalan seperti ini masuk ke ranah hukum karena saling melapor, yang melapor mulai menyampaikan kesaksian palsu guna menjatuhkan lawannya. Perkara penistaan agama dalam kasus Ahok yang kemarin sudah memasuki persidangan ke – 16, adalah salah satu bukti bahwa politik telah merusak hubungan persaudaraan, demi uang, jabatan dll.

Para musuh Yesus menurut Injil Yohanes kemarin berusaha membunuh Yesus karena perkataan-Nya bahwa Ia menyamakan diri dengan Allah. Dalam Injil hari ini (Yoh 5:31-47), sebagai lanjutannya, Yesus membuat pembelaan tentang diri-Nya. Dia berusaha membuka pikiran orang-orang Yahudi dengan mengatakan: bahwa kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri maka kesaksian-Ku tidak benar, tetapi ada yang bersaksi tentang Aku, yaitu:

Pertama, Yohanes Pembaptis dalam pewartaan-nya telah berulang-ulang mengatakan kesaksian-nya tentang Yesus. “Dia yang datang sesudah aku, Dia itulah Mesias, membukan tali kasut-Nya pun aku tidak layak”.
Kedua, Allah Bapa sendiri pada saat Yesus dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes Pembaptis, burung merpati turun atas Yesus dan saat itu terdengar suara dari langit yang mengatakan: Inilah Putera-Ku terkasih, dengarkanlah Dia.
Ketiga, segala pekerjaan ajaib (mujizat-mujizat), yang dikerjakan Yesus adalah pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Nya, pekerjaan itulah yang memberi kesaksian tentang Dia, bahwa Dia diutus oleh Bapa.
Keempat, semua nubuat para nabi dalam perjanjian lama, demikianpun kesaksian para bapa bangsa, termasuk Musa, sudah sangat jelas semuanya terpenuhi dalam diri Yesus.

Musa telah menuntun bangsa Israel keluar dari tanah Mesir dengan kekuatan kuasa Ilahi. Banyak mujizat yang dikerjakan-Nya dan disaksikan oleh seluruh bangsa itu. Tetapi ketika Musa pergi berpuasa di Sinai, hati bangsa itu berubah dan mulai menyembah berhala dengan membuat patung  lembu emas, mereka menyembah patung itu sambil mengatakan: inilah Allah yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir. Musa telah memberi kesaksian yang benar tentang Allah dan kuasa-Nya tetapi orang-orang jahat dari bangsa itu membelokkan hati dan pikiran bangsa itu untuk menyangkal semuanya. Penulis Kitab Keluaran melukiskan kemarahan Allah yang hendak membinasakan bangsa itu, tetapi Musa berdoa memohon pengampunan-Nya. Allah mendengarkan Musa dan membatalkan rencana pemusnahan itu. Peristiwa-peristiwa ini menunjukkan bahwa kesaksian Musa itu benar. Allah mendengarkan dia (bdk Kel 32:7-14).

Kesaksian Musa tentang Allah yang merencanakan keselamatan atas umat-Nya kemudian terwujud nyata dan sempurna dalam perutusan dan karya-karya Yesus. Empat kesaksian yang saya sebut di atas juga menunjukkan kebenaran kesaksian Yesus. Semua kesaksian-Nya benar. Semua orang yang menolak Yesus dan kesaksian-Nya adalah orang-orang yang belum membuka hatinya untuk percaya kepada-Nya. Jika kelak Ia datang lagi sebagai Raja yang mengadili barulah orang-orang itu akan terbuka matanya dan melihat, siapakah yang memberi kesaksian paling benar tentang Allah dan karya-karya-Nya.

Politik, uang, jabatan, atau pun kekayaan lainnya hanyalah kegembiraan sementara, janganlah semua itu dipakai untuk merusak kasih persaudaraan kita dengan membuat kesaksian yang palsu tentang sesama. Lakukan yang benar agar keselamatan abadi dapat dicapai dalam kemenangan bersama DIA !   

Adhitz Ads