Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Minggu, April 23, 2017

KELOMPOK BASIS GEREJANI !



Pembentukan Kelompok Basis Gereja atau nama lainnya Kelompok Umat Basis yang kini berkembang dalam Gereja Katolik adalah adopsi dari semangat hidup menggereja dari mereka yang hidup pada zaman Gereja perdana. Pembagian umat ke dalam kelompok diatur menurut jumlah kepala keluarga. Satu kelompok terdiri dari 15 – 20 kepala keluarga. Visi misi kelompok basis gerejani ini boleh dibilang sama dengan visi misi jemaat Gereja perdana: satu dalam doa dan sabda untuk saling membantu dalam suka dan duka !

Visi misi Kelompok Basis Gerejani dibuat demikian karena cita-cita yang mau dicapai dalam persekutuan itu adalah cara hidup umat Allah Gereja Perdana yang selalu: rela berbagi kepada mereka yang berkekurangan, rajin berdoa (pribadi/bersama), rajin mengikuti perayaan ekaristi/kebaktian, tekun membaca Kitab Suci dan rajin mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan (bdk Kis 2:41-47). Visi misi ini menjadi ideal karena:

1.      Kita adalah anggota dari Gereja Kristus yang sama: katolik, kudus dan apostolik (bersatu kita teguh bercerai kita runtuh).
2.      Sebagai anggota Gereja yang sama, perlu kokoh dalam iman, harap dan kasih kepada Tuhan.  
3.      Kita perlu saling mendoakan, membantu satu sama lain dalam suka dan duka.
4.      Supaya kita bisa mengenal satu sama lain dan siap melayani dalam semangat rela berkorban.

Cara hidup seperti di atas adalah cara hidup baru dari persekutuan umat Allah yang dilahirkan kembali dari air dan Roh Kudus. Suatu cara hidup tanpa kekuatiran dan kecemasan akan kekurangan, akan permusuhan, benci dan dendam tetapi yang mempersatukan kita dalam semangat kerja sama. Kata Petrus: Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.” (bdk 1 Petr 1:3-9)

Dasar visi misi Kelompok Basis Gerejani di atas bertolak dari iman yang teguh akan karya Yesus Kristus, sejak kedatangan-Nya ke dunia ini hingga Ia kembali ke rumah Bapa-Nya. Keyakinan itu Tuhan dan Juru Selamat. Tanpa keyakinan ini Gereja Perdana mustahil dapat dibentuk. Tanpa keyakinan itu juga Kelompok Basis Gerejani tidak akan hidup, bertumbuh dan berkembang secara baik. Kendala yang dirasakan sekarang dalam kebersamaan Kelompok Basis Gerejani adalah Kristus hanya dilihat sebagai tokoh yang biasa, bukan Kristus yang hidup, yang bisa menjadi Andalan untuk menyediakan kekayaan rohani dan jasmani. Semua ini disebabkan oleh iman yang suam-suam kuku, tanpa nyawa rohani yang dihasilkan oleh doa, sabda, ekaristi serta semangat untuk berbagi. Maka Kelompok Basis Gerejani yang ada saat ini hanyalah sebuah nama bukan sebuah persekutuan yang menghasilkan banyak buah kehidupan yang menggerakkan seluruh potensi kehidupan dalam Gereja.

Kelompok Basis Gerejani kini perlu pembaharuan oleh kuasa Roh Kudus, roh yang membuatnya bangkit, hidup dan begerak seperti Kristus yang bangkit dari antara orang mati !   







 

Adhitz Ads