Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Rabu, April 26, 2017

MALAIKAT DATANG MEMBANTU !

Misi pewartaan oleh para rasul di awal berdirinya Gereja merupakan misi yang sangat penting, sebab oleh pewartaan itu semua orang yang mendengarnya menjadi percaya dan dibaptis. Oleh pewartaan yang disertai dengan banyak mujizat ini pertumbuhan jemaat Gereja perdana sangat signifikan. Pertumbuhan ini membuat para pembesar Yahudi kuatir bahwa orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus ini akan menguasai Yerusalem. Karena itu mereka berusaha membungkam para rasul dengan banyak ancaman, menangkap dan memasukkan mereka ke dalam penjara. Tindakan jahat para pembesar ini membuat tentara surga turun tangan langsung.

Cerita Kisah Para Rasul hari ini dengan jelas menyebut bahwa ketika para rasul berada dalam penjara kota, seorang malaikat Tuhan datang menolong mereka membuka pintu-pintu penjara dan membawa mereka pergi dengan pesan: “Pergilah, berdirilah di Bait Allah, dan bertitakanlah seluruh firman hidup itu kepada orang banyak” (bdk Kis 5:7-26) Para rasul mentaati perintah itu dan mengajar di Bait Allah tanpa rasa takut! Ya, campur tangan Tuhan terhadap karya-karya baik manusia selalu terjadi, apalagi bila karya itu berhubungan dengan karya keselamatan-Nya. Dalam hal itu Dia selalu ada dan selalu siap menolong.  

Tuhan Yesus dalam percakapan-Nya dengan Nikodemus, seorang Farisi, mengatakan secara jelas bahwa kedatangan-Nya ke dunia ini membawa misi KESELAMATAN, sebuah MISI KASIH, supaya semua orang yang percaya kepada-Nya memperoleh hidup kekal, baik selagi masih hidup maupun sesudah mati. Tuhan Yesus telah melakukan misi ini secara sempurna (Yoh 3:16-21). Misi keselamatan dari Tuhan adalah misi yang sangat penting dan harus diteruskan hingga akhir zaman. Ia telah mempersiapkan para murid-Nya dengan baik dan pada hari Pentakosta Ia memperlengkapi mereka dengan kuasa dari surga, kuasa Roh Kudus.

Oleh kuasa Ilahi ini para murid mendapat jaminan bahwa segala sesuatu yang mereka lakukan untuk keselamatan umat Allah akan dibantu secara penuh dari surga. Salah satu bantuan itu terjadi di saat malaikat datang membebaskan mereka dari penjara. Pengalaman seperti ini selalu terjadi dalam diri para kudus dan semua orang yang berkendak baik. Salah satu contoh yang saya ingat adalah Mgr. Savelberg, pendiri Serikat Sorrores Minores Sancti Josephi (SMSJ) yang kini disebut Serikat Dina Santu Yusuf (DSY). Ketika ia mendirikan tarekat ini banyak sekali cobaan dan tantangan yang dialaminya. Namun karena ia yakin ini adalah rencana Tuhan maka ia mengatakan dalam motto hidupnya: “Allah sudah menolong, Allah sedang menolong dan Allah akan senantiasa menolong”. Dia maju terus dan melakukannya.

Mungkin Anda dan saya saat ini bekerja untuk kemuliaan Tuhan dan keselamatan umat Allah, atau bekerja untuk menyelamatkan keluarga, komunitas dan bangsa. Semua pekerjaan  baik ini tidak akan terlepas dari pelbagai pencobaan dan godaan. Tetapi kalau kita yakin akan janji pertolongan Allah melalui Roh Kudus dan para malaikat-Nya, lakukan itu dengan tekun sampai tuntas. Allah pasti menolong dan akan selalu menolong !  




Adhitz Ads