Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Kamis, Mei 25, 2017

KAMU AKAN MENERIMA KUASA ! (HR Kenaikan Tuhan Yesus)



Kalau janji pada judul renungan ini didengar oleh para penggila kekuasaan duniawi pasti pikiran mereka tertuju pada hal-hal ini, yaitu: jabatan, kedudukan. kekuasaan duniawi, uang serta segala privilese di balik kekuasaan itu. Hati mereka dengan sangat berbunga-bunga menunggunya.

Akan tetapi jika membaca janji di atas dalam konteks kita zaman ini, zaman perjanjian baru, zaman sesudah terjadinya Pentakosta pertama, ini bukan lagi sebuah janji yang masih ditunggu-tunggu, melainkan sebuah janji yang sudah dipenuhi baik atas diri para rasul dahulu maupun atas diri kita masing-masing sekarang ini. Kuasa itu bukan kuasa duniawi melainkan kuasa surgawi, KUASA ROH KUDUS, yang sudah kita terima: pertama, saat kita dibaptis dan kedua, saat kita menerima sakramen krisma, dan khusus bagi para imam lebih lengkap lagi saat mereka menerima urapan sakramen imamat. Atas dasar pikiran ini, kita dapat merubah judul renungan di atas dari KAMU AKAN MENERIMA KUASA menjadi KAMU TELAH MENERIMA KUASA ! Jika sudah menerima kuasa maka apa konsekwensinya?

Menurut hemat saya, jalani kuasa itu sesuai dengan perintah-Nya dalam Injil hari ini: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Mat 28:18-20).

Menurut penilaian St. Paulus “betapa hebatnya kuasa itu bagi kita yang percaya dan kekuatan serta daya kuasa itu sesuai dengan daya kuasa Allah yang berkeja dalam diri Kristus sehingga Ia bangkit dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan Allah di surga” (bdk Ef 1:17-23). Kuasa yang kita terima ini bukan kuasa yang kecil tetapi kuasa yang sangat besar, seperti yang diterima oleh Yesus Kristus sendiri.

Sesuai perintah ini, hal-hal apa saja yang perlu hayati dan kita lakukan dalam hidup sebagai orang yang percaya kepada Yesus Kristus ?

1.    Kuasa yang kita terima adalah kuasa Roh Kudus, yang sama besarnya dengan yang diterima oleh Yesus Kristus. Maka jangan takut kepada segala kuasa yang ada di dunia ini, entah itu kuasa baik atau kuasa jahat, yang membuat kita menderita.
2.    Meskipun Yesus Kristus telah naik ke surga, tetapi Ia tetap menyertai kita dengan Roh-Nya hingga akhir zaman. Semua orang yang percaya tidak akan sendirian.
3.   Semua orang yang telah menerima kuasa Roh Kudus wajib hukumnya untuk pergi mewartakan sabda-Nya kemana saja dan bila pendengarnya percaya akan isi pewartaan itu, maka pekerjaan berikutnya adalah membaptis mereka dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus.
4.   Mengajar semua orang yang sudah menerima pembaptisan itu untuk melakukan perintah-perintah Allah.
5.     Kuasa Roh Kudus tidak terikat pada urusan pewartaan dan pembaptisan saja melainkan lebih dari itu yakni: memanfaatkan kuasa (semua potensi) yang kita terima dari Tuhan untuk membangun dunia ini menjadi lebih baik mulai dari lingkungan keluarga kita sendiri sampai dengan urusan berbangsa dan bernegara sambil menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan-setan.

Adhitz Ads