Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Senin, Mei 15, 2017

ROH KUDUS MENGINGATKAN !

Ketika menulis renungan ini saya teringat kembali akan suasana pendidikan di seminari menengah dahulu dan yang saat ini masih berlaku di seminari di mana saya bertugas. Di seminari secara bergilir setiap siswa dari kelas tertentu diberi tugas untuk menjaga waktu yang biasa disebut “time keeper”. Tugas time keeper ini, bukan hanya menggoyang lonceng saat jam pelajaran atau jam doa dimulai, tetapi lima menit sebelum lonceng ia sudah harus meniup semprit (peluit kecil yang terbuat dari logam) untuk mengingatkan teman-temannya bahwa jam lima menit lagi acara kita di sekolah, di gereja, di asrama akan segera dimulai. Karena itu setiap siswa hendaknya sudah harus bergegas menuju kelas, kapel, kamar makan dll untuk memulai acaranya. Manfaat langsung dari pelayanan ini ialah melatih para siswa agar selalu tepat waktu serta disiplin untuk memulai program hariannya.

Tugas dari Roh Penghibur tidak hanya sekedar mengingatkan manusia untuk hidup disiplin atau tertib, taat pada kehendak Allah, tetapi mengingatkan setiap orang yang percaya, akan semua hal yang telah dikatakan – dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia, sehingga para murid atau para pengikut-Nya dapat mengingat kembali akan kata-kata Yesus dan pekerjaan-Nya (Yoh 14:21-26). Satu dua hal yang sangat nyata terjadi dalam diri para murid Yesus yaitu mereka dapat mengingat kembali akan semua isi pengajaran Yesus termasuk semua pekerjaan baik-Nya, sehingga mereka tidak memiliki kesulitan apa pun di saat mewartakan sabda Tuhan, atau semua orang lain tidak dapat bersoal jawab dengan mereka di saat mereka beradu argumentasi tentang Mesias. Juga Roh Kudus telah membantu para pengarang Injil untuk menulis kabar gembira dari berita lisan menjadi tulisan.

Pada saat Barnabas dan Paulus berada di Listra, keduanya melakukan mujizat penyembuhan  atas seorang yang lumpuh sejak kecilnya. Dengan melakukan doa perintah orang lumpuh itu berdiri dan dapat berjalan. Peristiwa yang ajaib ini sontak membangkitkan semangat rakyat penyembah berhala kota ini mempersembahkan korban untuk menghormati keduanya. Mereka berpikir bahwa dewa Zeus dan Hermes yang  mereka sembah telah turun menjadi manusia. Doa perintah yang dilakukan Paulus ini terjadi karena diingatkan oleh Roh Kudus bahwa orang itu memiliki iman dan dia dapat disembuhkan. Karena pimpinan Roh Kudus itu Paulus berani melakukan doa perintah untuk menyembuhkan si lumpuh itu (bdk Kis 14:5-18).

Dalam pengalaman hidup harian kita, ada banyak peristiwa di mana Roh Kudus selalu bekerja mengingatkan kita akan:
·         pentingnya hidup taat pada perintah Allah,
·         hal-hal baik yang patut kita kerjakan,
·         arah dan tujuan hidup di dunia ini,
·         pentingnya mengobarkan harapan di saat menderita dan mengalami tantangan,
·         pentingnya berbuat kasih kepada sesama dll.
·         dosa dan efeknya bagi hidup kita
·         kebenaran yang perlu kita perjuangkan
·         pentingnya hidup rukun dan damai, dst.....

Syukur bahwa Tuhan telah mengutus Roh-Nya untuk menolong kita dalam pelbagai keperluan hidup kita sehari-hari. Puji Tuhan. Amin     


Adhitz Ads