Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Minggu, Mei 21, 2017

MEREKA SEMUA MENERIMA ROH KUDUS !



Saya tidak tahu sejauh mana Anda berdoa kepada Allah Roh Kudus setiap hari? Dalam setiap kali memberi rekoleksi atau retret dengan thema Roh Kudus, saya selalu bertanya seperti itu. Satu dua peserta yang menjawab tiap hari, ada yang jarang, ada yang tidak pernah sama sekali selain kalau mengikuti novena Pentakosta. Atas dasar itu banyak orang berkesimpulan “Roh Kudus itu Allah yang dilupakan”. Mungkin saja karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang peran Roh Kudus, mungkin juga karena gambaran tentang-Nya amat abstrak dan sukar dipahami dst, sehingga banyak orang Kristen kurang memohon hadirnya Roh Kudus dalam hidup dan karya mereka. Pada hal Gereja didirikan oleh Roh Kudus melalui para rasul, Gereja hidup dan berkembang karena Roh Kudus, mujizat-mujizat terjadi karena Roh Kudus dst.

Dalam pengajaran-Nya hari ini Yesus berpesan dan berjanji kepada para murid-Nya demikian: "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran” (Yoh 14:15-17a). Yesus berjanji akan memberikan kepada mereka seorang Penolong yang lain. Penolong itu akan menyertai mereka selama-lamanya, Penolong itu akan diam di dalam mereka supaya mereka tidak merasa ditinggalkan seperti yatim piatu. Siapakah Penolong itu? Tidak lain yaitu Roh Kebenaran! Namun dengan syarat: mereka harus mengasihi Yesus dan menuruti segala perintah-Nya. Janji ini telah digenapi pada hari Pentakosta ketika Roh Kebenaran itu turun atas para rasul dalam bentuk lidah-lidah api.

Hal pertama yang diterima oleh para murid dari Roh Kebenaran pada hari Pentakosta itu adalah:

1.   Sebelum Yesus menderita, wafat dan bangkit, Ia hanya dilihat sebagai orang Nasareth, yang mati konyol.
2.  Pada hari itu mereka percaya Yesus adalah Mesias, yang dijanjikan Allah kepada nenek moyang mereka.
3.   Yesus itu Tuhan dan Juru Selamat. Karena itulah Dia dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan Allah yang ajaib dan luar biasa.
4.   Jalan penderitaan, salib dan kebangkitan yang dialami oleh-Nya adalah jalan yang dipakai Allah untuk menebus dosa manusia, agar manusia – kita semua ditebus dari dosa dan diselamatkan  dari api neraka.
5.   Kalau ingin selamat, semua orang harus mengakui dan menerima semua kebenaran di atas melalui pembaptisan dengan air dan Roh, seperti yang dilakukan Petrus dan Yohanes dalam Kisah Rasul tadi.

Kebenaran-kebenaran ini kemudian digarisbawahi lagi oleh Petrus melalui suratnya: “Kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan dan siap sedialah setiap saat untuk memberi pertanggungjawaban kepada tiap-tiap orang yang meminta dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu” (1 Petr 3:15-18). Semua ini bisa kita lakukan apabila kita sudah menerima Roh Kudus, hidup di bawah bimbingan-Nya dan taat pada tuntunan-Nya. Amin

Adhitz Ads