Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Jumat, September 08, 2017

ANAK DARA ITU AKAN MENGANDUNG ! (pesta kelahiran Bunda Maria)

Tanta Mia adalah seorang dukun bersalin. Hampir setiap hari ia dipanggil untuk membantu persalinan anak. Suatu saat ia membantu persalinan ibu Agnes yang sangat sulit melahirkan anaknya. Para bidan yang sejak awal telah membantu persalinan itu tampaknya kehabisan ilmu pengetahuan mereka untuk mencari jalan keluar. Rumah Sakit sangat jauh dan tak ada kendaraan yang bisa menghantar ibu Agnes. Tanta Mia yang kampungnya harus menghabiskan perjalanan selama 2 jam dipanggil datang untuk menolong. Saat dia menerima berita tentang kesulitan itu, selama dalam perjalanan ia mendaraskan doa Rosario. Ketika sudah tiba ia segera melakukan pertolongan dengan caranya yang biasa. Dalam waktu hanya 10 menit bayi lahir dengan selamat. Rahasianya apa? Doa Rosario! Lalu tanta Mia meramal bahwa anak itu akan menjadi Uskup. Ramalan itu kemudian terjadi.

Bunda Maria sejak dalam kandungan ibunya Anna telah dipersiapkan Allah menjadi Bunda Penebus dunia, Yesus Kristus.  Karena itu sejak awal Bunda Maria dilindungi Allah menjadi seorang yang tak bernoda. Nubuat tentang dia sudah diungkapkan para nabi berabad-abad sebelumnya baik oleh nabi Yesaya (Yes 7:14) maupun oleh nabi Mikha seperti dalam bacaan pertama hari ini (Mikha 5:2-5a). Dengan membaca nubuat ini kita yakin bahwa Allah telah merancangkan keselamatan manusia sejak berabad-abad lamanya, bahkan sejak manusia jatuh ke dalam dosa. Hawa, dalam Kitab Kejadian menjadi lambang datangnya maut namun Maria, Hawa baru dalam perjanjian baru menjadi lambang datangnya keselamatan.

Penulis Injil Matius (Mat 1:1-16.18-23) hari ini coba menjelaskan kepada bangsa Yahudi bagaimana rancangan keselamatan Allah itu tersusun rapi dari keturunan ke keturunan. Silsilah yang tertulis itu menggambarkannya dengan jelas. Gambaran ini menyatakan kepada kita bahwa Allah selalu menyertai umat-Nya dari waktu ke waktu hingga semua nubuat perjanjian lama digenapi. Dengan itu pula kita harus mengakui bahwa rencana keselamatan Tuhan itu agung dan mulia; lebih dari pada itu sesungguhnya Ia ingin menunjukkan kesetiaan-Nya untuk mengasihi dan menyertai umat-Nya sejak awal hingga selamanya.

Zaman ini adalah zaman di mana semua nubuat telah dipenuhi. Puncak pemenuhan itu terjadi dalam diri Yesus. Anak dara itu telah diangkat menjadi ibu kita, bahkan digelar sebagai ibu segenap umat beriman, Bunda dari segala bangsa di bumi. Melalui penampakannya di mana-mana Bunda Maria mengingatkan kita agar selalu datang pada puteranya, taat pada-Nya agar hidup kita diselamatkan. Sebagai ibu yang baik, mulia dan kudus, ia selalu memberi perhatiannya dari surga agar kita hidup kudus dan pantas di hadirat Allah. Maria adalah perawan yang terberkati, ia dekat sekali pada puteranya. Ia tahu keinginan dan kerinduan anaknya, Yesus Kristus. Karena itu barangsiapa tekun berdoa Rosario akan menikmati segala janji keselamatan dari puteranya. Tanta Mia termasuk salah seorang yang selalu menikmati pertolongannya.

Adhitz Ads