Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Sabtu, September 02, 2017

MENGOPTIMALKAN POTENSI HIDUP DAN KARYA !

Banyak orang percaya bahwa Tuhan tak pernah berkekurangan dalam rahmat dan karunia-karunia-Nya. Demikian pun banyak pemimpin rohani zaman ini menyemangati para jemaatnya dengan memakai motivasi-motivasi psikologi agar bisa mendapatkan sebanyak mungkin berkat dari Tuhan dalam hidup mereka sehingga cita-cita hidup berkelimpahan, sesuai dengan janji Yesus dalam Injil (Yoh 10:10b), dalam hal rohani dan jasmani, dapat dirasakan oleh semua anggota gereja-Nya. Para pemimpin itu sering bersaksi: berpikir dan bekerjalah dengan cara Tuhan, sebab Dia mahakuasa dan mahabaik. Tuhan mau meningkatkan setiap orang dalam hidupnya bila mereka berusaha meningkatkan potensi iman, harap dan kasih mereka lebih tinggi lagi.

Hari ini Tuhan Yesus menyampaikan perumpamaan talenta yang diberikan seorang tuan kepada hamba-hambanya. Mereka semua diminta untuk memperganda talenta itu sesuai dengan kemampuan masing-masing. Ada yang mendapat lima, ada yang dua dan ada yang mendapat satu. Hamba yang mendapat lima dan dua berjuang sedemikian rupa sampai mendapatkan laba yang setara. Keduanya dipuji sebagai orang yang setia dalam perkara kecil maka keduanya diberi tanggung jawab lebih besar lagi. Sedangkan yang mendapat satu tidak memiliki niat untuk mempergandanya karena kemalasan dan kelalaian, maka ia dihukum (Mat 25:14-30).

Sedangkan St. Paulus menasihati jemaat Tesalonika agar bersungguh-sungguh dalam memelihara hidup dengan cara mengurus diri sendiri dan tekun bekerja tangan. Mungkin saja pada masa itu jemaat Tesalonika terdiri dari petani, pembuat kemah serta pengrajin seni, tukang dsb. Karya tangan sendiri adalah salah satu cara yang dilakukan manusia untuk meningkatkan potensi yang diberikan Tuhan dalam hidup ini, sehingga mereka boleh hidup lebih dari cukup atau berkelimpahan. Untuk mencapai visi itu setiap orang perlu rajin dan setia dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Tuhan bekerja dalam diri mereka yang giat bekerja, Tuhan memberi lebih kepada mereka yang menginginkan kehidupan yang lebih, Tuhan menambah kekurangan dari mereka yang bekerja keras untuk memperoleh banyak. Tuhan senang melihat anak-anak-Nya yang setia dalam perkara kecil sehingga memberi mereka tanggung jawab untuk menjalankan tugas-tugas dan tanggung jawab lebih besar lagi.

Banyak orang kudus yang bisa mencapai hidup kudus ketika mereka berusaha untuk menjaga kekudusan hidup mulai dari hal-hal yang sederhana. Banyak orang mencapai sukses besar dalam hidup mereka ketika mereka tekun dan setia menjalankan usaha-usaha mulai dari yang paling kecil. Tuhan memperganda hidup setiap anak-Nya yang berjuang untuk mengoptimalkan potensi hidup mereka. Inovasi baru terjadi ketika seseorang mencoba dan berani berinovasi. Pembaharuan diri terjadi ketika kita mau membaharui diri secara jujur di hadapan-Nya !  


Adhitz Ads