Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Selasa, September 12, 2017

BERAKAR DALAM DIA !

Akar adalah bagian terpenting dari tumbuhan – pohon yang tumbuh menuju inti bumi kormus. Fungsi akar adalah: menyokong dan memperkokoh berdirinya sebatang pohon atau tumbuhan, menyerap air dan garam-garam mineral dari dalam tanah, mengangkut air dan zat-zat makanan yang sudah diserap ke tempat-tempat pada tubuh dari tumbuhan atau pohon, ada yang berfungsi sebagai alat respirasi (proses penguraian bahan makanan yang menghasilkan energi), dan juga tempat menyimpan cadangan makanan atau sebagai alat reproduksi vegetative. Tanpa akar sebuah pohon akan mati.

Analog dengan fungsi akar pada sebatang pohon hari ini St. Paulus mengajak jemaat Kolose agar berakar dalam Kristus sebagai pusat kehidupan Kristiani. Tanpa Kristus hidup kita tak berguna, tidak kokoh dalam iman akan Allah, tidak mendapatkan kehidupan Ilahi, tidak mendapat energi (kuasa) dari Allah, tidak menemukan hidup kekal. Tanpa Kristus kita mati tanpa harapan akan adanya belaskasih Allah. Kristus itu sumber yang menyelamatkan kita. Dia adalah jalan, kebenaran dan hidup. Karena itu lebih lanjut St. Paulus mengajak jemaat Kolose: hendaknya bertambah teguh dalam iman dan melimpah dalam ucapan syukur, dan hendaknya hati-hati dengan ajaran palsu (filsafat kosong), sebab kita telah dihidupkan oleh Kristus dari dosa dan akan mati bersama Dia dalam hidup kekal (bdk Kol 2:6-15).

Sesudah berdoa semalam suntuk Yesus memilih rasul-rasul utama yang bakal dijadikan kader utama dalam rangka pemuridan dengan tujuan agar mereka selalu bersama Dia, belajar daripada-Nya, menjadi saksi untuk ajaran-ajaran, mujizat-mujizat dan seluk beluk kehidupan-Nya hingga Ia naik ke surga. Sesudah pemilihan itu, Yesus mengadakan banyak mujizat dan tanda, semua orang yang datang pada-Nya disembuhkan dari pelbagai macam penyakit mereka, termasuk pembebasan dari kuasa roh jahat (Luk 6:12-19).

Pengalaman bersama Yesus selama kurang lebih 3,5 tahun, sampai mereka menerima kuasa Roh Kudus pada hari Pentakosta, selain Yudas Iskariot, mereka mampu meneruskan warisan suci Yesus Kristus dan melakukan semua pekerjaan Kristus hingga akhir hidup mereka. Mereka tetap berakar dalam Dia selama hidup ini sambil memberikan kesaksian DIA sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Oleh kuasa Roh Kudus para rasul ini, termasuk jemaat perdana, boleh merasakan bagaimana kuatnya kuasa Allah bekerja di dalam diri mereka. Sekali pun pada saat yang sama mereka mengalami penganiayaan dan penderitaan mereka tetap setia dalam iman akan Kristus. Mereka menjadi benih baru yang berasal dari Kristus dan benih itu berkembang terus tanpa henti-hentinya hingga akhir zaman nanti.   


Adhitz Ads