Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Rabu, Mei 11, 2016

AWAS, ADA BANYAK SERIGALA…!

Serigala termasuk salah satu binatang buas, pemakan daging. Sifatnya suka mencuri binatang peliharaan manusia. Maka dalam dunia rohani binatang ini dipakai untuk menggambarkan sifat manusia yang suka mencuri, merampok, memanipulasi dan melakukan korupsi, baik secara terang-terangan maupun secara tersembunyi.

Jikalau melihat keadaan dunia manusia dewasa ini maka benar sekali kata Paulus kepada jemaat di Efesus: "hati-hati, di sekitarmu ada banyak serigala"…! Serigala yang dimaksudkan Paulus di sini ada dua: pertama, serigala setan yang kerjanya mencuri hati manusia agar condong kepada hal-hal jahat; dan kedua, serigala manusia yang suka mencuri, merampok, memanipulasi dan para koruptor yang mencuri apa saja demi keuntungan pribadi, keluarga, perusahaan, dsb. Faktanya, ya tidak salah, dalam dunia ini, baik yang duniawi maupun yang rohani,  berkeliaran setan-setan yang suka menjerumuskan hati manusia agar senang dengan kejahatan-kejahatan;  dan juga berkeliaran manusia yang kerjanya suka mencuri, memanipulasi, dan korupsi. Meskipun penjara-penjara telah penuh sesak dengan orang-orang seperti ini, namun tetap saja ada manusia yang senang hidup dengan cara-cara seperti serigala.

Paulus telah bekerja beberapa tahun di seputar wilayah Efesus dan kini karena kehendak Tuhan dia harus pergi dari situ. Dia dan seluruh umat merasa sedih dengan perpisahan itu, maka Paulus menasihati umatnya dengan berkata: "Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperolehNya dengan darah AnakNya sendiri. Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu" (Kis 20:28-29).

Paulus tahu akan tantangan dan godaan yang bakal dialami oleh para penatua jemaat dan juga jemaat itu sendiri. Maka mereka harus menjaga diri, tetap teguh dalam iman akan Yesus Kristus, meskipun banyak serigala yang akan menggoda dan menghancurkan imannya itu. Paulus masih berharap bahwa mereka tetap mengenangkan semua jasanya selama 3 tahun hidup dan bekerja di antara mereka. Ungkapan harapan Paulus seperti ungkapan harapan seorang ayah terhadap anak-anaknya. Dalam ungkapan itu terimplisit rasa kasih sayang serta kerinduan yang diakibatkan oleh perpisahan. Paulus sesungguhnya tidak tega meninggalkan mereka semua. Namun ia harus memenuhi panggilan Tuhan untuk bersaksi di Roma, meskipun sebagai seorang tawanan.

Ketika Yesus hendak meninggalkan dunia ini dia bukan hanya menyampaikan pesan perpisahan tetapi juga berdoa dalam keharuan untuk para murid dan orang yang mengimani Dia: "Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firmanMu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepadaKu oleh pemberitaan mereka; Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepadaKu, agar mereka memandang kemuliaanKu yang telah Engkau berikan kepadaKu, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan"  (Yoh 17:15-18,20,24). Yesus rindu agar para pengikut-NYA bisa bersama-sama menikmati hidup surgawi bersama-NYA dalam kerajaan kekal. Sebuah gambaran keinginan seorang sahabat untuk para sahabatnya. Yesus juga takut akan serigala-serigala buas yang bisa menerkam mereka bila Dia sudah tidak ada bersama mereka lagi.

Dalam doa-NYA, Yesus sangat berharap bahwa Bapa mau memelihara dan melindungi para murid-NYA serta seluruh umat Allah agar bebas dari gangguan to serigala-serigala yang berkeliaran mencari mangsanya.

Adhitz Ads