Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Sabtu, Mei 14, 2016

SIAPA YANG DAPAT UNDIAN…!

Awal bulan April lalu saya diundang untuk mengikuti undian berhadiah tahunan dari sebuah bank lokal. Banyak nasabah yang hadir dalam acara bersangkutan. Acara dimulai dengan penampilan artis lokal yang mendendangkan lagu dangdut. Pada saat undian dimulai saya memperhatikan wajah para nasabah. Tampaknya mereka penuh harapan untuk mendapatkan hadiah utama yang bernilai 100 juta rupiah. Setelah bola-bola undian dikocok-kocok, diambil dan disusun, Bupati setempat diminta untuk menekan kode di komputer. Beberapa detik angka berjalan dan kemudian berhenti, nama pemenangnya muncul. Pemenang pun dipanggil dan menerima hadiahnya. Horeee! Betapa gembiranya dia, wajahnya berseri-seri.

Undian yang dilakukan para rasul untuk mencari pengganti Yudas tidaklah mewah seperti cerita di atas, sebab mereka tidak melakukan  undian berhadiah tetapi undian untuk menentukan calon pengganti Yudas, pengkhianat, yang telah mati bunuh diri. Para rasul yang berdoa bersama 120 orang murid lain merasa perlu mencari pengganti Yudas. Setelah mereka berdoa bersama, mereka membuang undi, apakah memilih Matias ataukah Barsabas; dan hasilnya yang terpilih adalah Matias. Matias adalah Rasul yang setia, tekun dan bersemangat prihatin. Tahun kematiannya tidak diketahui pasti, namun makamnya terdapat di Trier, Jerman. Hari ini kita rayakan pestanya.

St. Yohanes dalam Injilnya bercerita tentang hakekat menjadi murid. Pertama, Tuhanlah yang memilih kita menjadi murid-Nya. Kedua, memiliki hati yang suka mencintai Allah dan sesama, seperti Kristus sendiri. Ketiga, cinta itu hendaknya terwujud dalam sikap rela berkorban memberikan nyawa bagi sesama dan Tuhan. Keempat, sebagai murid Tuhan seseorang harus bisa menerima sesamanya sebagai sahabat. Kelima, ringan kaki untuk pergi mewartakan dan menghasilkan buah (Yoh 15:9-17).

Matias terpilih melalui undian karena dengan cara itu Tuhan memilihnya, sebab Tuhan tahu Matias memiliki segala kriteria seperti yang dikatakan-Nya dalam Injil tadi.

Apakah Anda sudah atau akan mendapat undian menjadi murid Tuhan seperti Matias? Hemat saya kita semua telah mendapatkan  undian itu melalui tanda sakramen yang kita terima. Sakramen itu secara otomatis mewajibkan kita untuk menghasilkan buah-buah rahmat bagi sesama yang kita layani mulai dari keluarga dan lingkungan di mana kita berada.

Adhitz Ads