Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Minggu, Mei 15, 2016

MEREKA SEMUA PENUH DENGAN ROH KUDUS (HR PENTAKOSTA)

Mungkin banyak orangMEREKA SEMUA PENUH DENGAN ROH KUDUS !

Mungkin banyak orang belum tahu bahwa Pentakosta tahun ini, hari dan tanggalnya terjadi sama seperti Pentakosta pertama yang dialami para rasul di kota Yerusalem. Demikianpun dengan peristiwa penyaliban dan kebangkitan Yesus harinya terjadi sama seperti saat Yesus mengalami semua peristiwa itu 2000-an tahun silam. Tanggal dan harinya selalu terulang kembali sama seperti pertama kali hanya dalam setiap 150 tahun dalam siklus penanggalan Liturgi Gereja Katolik. Baru-baru ini pada hari Jumat Agung terjadi sebuah mujizat di sebuah Gereja di kota Roma yang menandakan bahwa pada hari itu di tanggal yang sama seperti pada tahun ini, Tuhan Yesus wafat di salib. Salib itu mengeluarkan darah segar. Peristiwa ini hanya terjadi sekali dalam kurun waktu 150 tahun.

Sesuai dengan penjelasan di atas sesungguhnya Minggu Pentakosta hari ini sungguh menjadi hari raya yang khusus dan luar biasa dalam sejarah berdirinya Gereja Katolik. Kisah Para Rasul hari ini menampilkan cerita yang sama, Roh Kudus turun atas para rasul seperti janji Yesus sendiri. Hari ini adalah hari yang amat bersejarah dalam iman para rasul, karena oleh terang Roh Kudus mereka mampu melihat dan percaya bahwa Yesus bukan manusia biasa tetapi mengakui dan menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Oleh iman para rasul ini, St. Paulus sebagai rasul terakhir yang dipilih menjadi rasul para bangsa juga mengakui adanya Roh Kudus. Karena itu dalam suratnya kepada umat di Roma yang dibaca dalam bacaan kedua hari ini ia mengatakan: "Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia"(Rom 8:14,16-17)

Baptisan dalam air dan Roh Kudus, memberi jaminan kepada kita bahwa semua yang dijanjikan Bapa melalui Yesus Putera-Nya, akan diterima oleh semua orang yang percaya. Para rasul dan semua pengikut-Nya telah mengalami pemenuhan janji itu, ketika mereka hidup dalam doa bersama penuh kasih menjelang kedatangan Roh Kudus pada hari Pentakosta pertama itu. Kata Yesus: "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahKu. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu."(Yoh 14:15-17).

Menyadari pentingnya peristiwa hari ini, tak ada cara lain yang lebih indah dari tindakan kita untuk membaharui dunia, selain daripada hidup dalam kasih dan berdoa bersama-sama memohon turunnya kuasa Roh Kudus, agar Tuhan memberikan kita karunia-karunia yang membuat kita sanggup mewujudkan kasih Yesus dalam relasi dengan siapa saja yang kita jumpai dalam hidup bersama di dunia ini. Mari membangun dunia dalam kuasa kasih Roh Kudus....





Adhitz Ads