Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Selasa, Mei 24, 2016

HIDUP SEBAGAI ANAK-ANAK YANG TAAT !

Dalam dunia militer dan kepolisian semangat atau disiplin ketaatan sangat dijunjung tinggi dan amat mudah ditemukan. Setiap orang harus mengatakan "siap" jika pimpinannya atau orang yang lebih tinggi pangkatnya sedang berbicara atau sedang memberi instruksi. Namun sering terjadi ketaatan yang ditemukan di sana adalah ketaatan tanpa kebebasan berbicara atau berpendapat, sebab semuanya diatur menurut standar operasional militer. Itulah disiplin dan gaya hidup dunia militer. Dengan disiplin seperti ini mereka mengabdi menjaga keamanan dan membela negara dari musuh-musuhnya.

Hidup sebagai anak-anak yang taat yang dikehendaki Tuhan menurut surat pertama Petrus hari ini adalah: "Hidup sebagai anak-anak yang taat dan tidak menuruti hawa nafsu seperti sebelum menjadi murid Kristus, tetapi menjadi kudus di dalam seluruh perjalanan hidup sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil setiap orang secara pribadi  (bdk 1Ptr 1:14-15). Ketaatan yang dikehendaki Tuhan adalah ketaatan untuk mencapai tingkat hidup yang lebih tinggi nilainya dari kehidupan biasa yaitu, guna mencapai kekudusan. Namun Tuhan tetap memberi kebebasan dalam menjalankan semangat itu sesuai dengan kehendak bebas yang dianugerahkan-Nya kepada setiap pribadi manusia. Ketaatan kepada kehendak Tuhan adalah hukum tertinggi karena dengan ketaatan seseorang dapat mencapai kekudusan.

Dalam kaul religius kaul ketaatan adalah kaul yang paling tinggi yang menjamin seorang religius dapat menghayati kaul kemiskinan dan kemurnian/ keperawanan dengan baik. Dengan ketaataannya kepada Tuhan dan sesama seseorang memasuki pintu kerendahan hati dari dirinya sendiri dalam usaha mencapai persatuan dengan Allah yang bertahta di tempat mahakudus. Ketaatan kepada kehendak Allah dapat juga terwujud dalam kesediaan seseorang untuk meninggalkan segala-galanya demi Kerajaan Allah. Dalam semangat ketaatan itu seorang murid Tuhan percaya bahwa Allah akan menjamin hidupnya secara penuh, sesuai janji-Nya yang kudus, bahkan bisa mendapatkan imbalan 100 kali lipat (bdk Mrk 10:28-31). Ketaatan adalah salah satu jalan menuju kekudusan dan oleh kekudusan itu kita dapat mencapai persatuan dengan Tuhan yang mahakudus.

Adhitz Ads