Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Selasa, Mei 17, 2016

LAWANLAH IBLIS !

Wajah setan sangat seram, buruk dan sangat menakutkan. Saya sendiri pernah melihatnya satu kali selama 15 detik di senja hari dekat pekuburan dari sebuah kampung. Setan itu tidak berbuat apa-apa terhadap saya selain menunjukkan wajahnya yang seram dan membuat saya terkejut. Saat itu secara spontan saya menyerukan nama YESUS, lalu dia pergi tanpa menoleh. Matanya empat, letak mata seperti dua tingkat atas bawah, bertanduk dua dan wajahnya sangat buruk. Pekerjaan setan: mengganggu, menggoda, membuat manusia takut, cemas, gelisah, sakit. Setan merasuk manusia agar manusia selalu merasa tidak bahagia atau merasa tidak dicintai oleh Tuhan. Dia adalah roh yang jahat pekerjaannya suka mengganggu dan menggoda manusia agar manusia senang hidup dalam kejahatan.

Guna mengatasi pengaruh setan ini St
Yakobus dalam suratnya hari ini menasihati para pembacanya dengan berkata: "Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah. Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! Dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!" (Yak 4:4,7-8). Mengapa iblis harus dilawan?

Pertama, kita adalah anak-anak Allah, makluk mulia yang memiliki nafas kehidupan Allah dalam diri kita. Setan takut kepada manusia. Kedua, Roh beserta karunia Ilahi yang ada dalam diri kita jauh lebih kuat kuasa-Nya dari pada kuasa roh jahat. Ketiga, setan takluk di bawah kuasa Allah. Kalau kita hidup dalam Tuhan maka setan tak akan mampu melawan kita. Atas dasar kuasa ini kita harus melawan setan bukannya takut kepada setan.

Suatu saat dalam suatu perjalanan pastoral, Tuhan Yesus bernubuat tentang misi penderitaan yang bakal dihadapi-Nya kepada para murid. Namun para murid kurang memperhatikan nubuat itu karena hati mereka telah dirasuki pikiran kesombongan guna mencari kedudukan dan kuasa. Mereka bertengkar tentang siapa yang terbesar di antara mereka bila Yesus terpilih menjadi raja dunia. Mendengar hal itu Yesus mengatakan bahwa orang yang bisa mendapat kedudukan dalam kerajaan-Nya hanyalah orang yang rendah hati seperti pelayan - yang selalu ingin menjadi terkemudian dan siap melayani. "Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya." Kekuasaan tidak dicari tetapi dengan sendirinya akan diberi jika manusia memiliki hati mau melayani sesamanya (bdk Mrk 9:30-37). Jika kekuasaan itu dicari dan didapatkan melalui pertengkaran maka hati manusia akan digerogoti nafsu untuk bersaing, bertengkar dan mementingkan diri sendiri lalu timbullah kecemburuan dan iri hati beserta segala efek buruk yang timbul dari padanya. Di mana ada hal-hal jahat di situ setan bekerja mendustai kebenaran dan menyesatkan manusia. Maka lawanlah segala keinginan jahat dengan hidup dalam persahabatan dengan Tuhan.


Adhitz Ads