Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Kamis, Oktober 27, 2016

MELAWAN TIPU MUSLIHAT IBLIS !





Iblis dengan segala macam caranya selalu berusaha mengecoh manusia dengan tipu muslihatnya. Baru-baru ini beberapa saluran TV Indonesia ramai memberitakan Kanjeng Dimas yang memperdaya para pengikutnya dengan modus menggandakan uang secara ajaib. Dari penyelidikan polisi kita tahu begitu banyak orang tertipu hingga kehilangan miliaran rupiah. Ali-ali ingin menjadi orang kaya mendadak dengan cara seperti itu, ujung-ujungnya menjadi miskin berderai air mata. Modus lainnya banyak penipu mengirim berita melalui SMS, WA dan BBM memberitahu bahwa kita mendapat undian jutaan rupiah asal saja mengirim biaya pengiriman. Orang yang mudah percaya langsung mengirim uang mereka. Setelah biaya itu dikirim nomor “handphone” para penipu tersebut langsung dimatikan dan tidak bisa dihubungi lagi. Kita tidak tahu berapa ribu orang yang berhasil dia perdayai dan banyak uang yang dia peroleh dari pekerjaan seperti itu. Cerita lain dari tipu muslihat yang menyusahkan manusia sudah menjamur......dan merugikan miliaran orang di bumi ini. 

Tipu muslihat bukan baru terjadi di zaman ini tetapi telah berlangsung sejak manusia pertama diciptakan. Tidak heran kalau St. Paulus dalam bacaan pertama memperingatkan jemaat Efesus dengan mengatakan: “Hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu”....... Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus” (bdk Ef 6:10-20).
Iblis memiliki pemerintahan sendiri dengan birokrasinya yang rapi, lebih rapi dari pemerintahan manusia. Ia lebih cerdas dari manusia sebab iblis itu roh. Kita dapat tidak dapat melawan roh, sebab ia tidak kelihatan. Untuk melawan iblis kita harus bekerja sama dengan Tuhan, sebab ia hanya takut kepada Allah. Kalau kita mengandalkan kuasa manusia maka semuanya akan sia-sia. Dalam doa pengusiran setan kita selalu mengatakan: “Demi nama Yesus, enyahlah engkau roh jahat, keluarlah engkau dari orang ini dan jangan pernah engkau kembali lagi”.

Ketika Yesus diperingati oleh orang-orang Farisi untuk pergi dari Yerusalem karena mendengar rencan Herodes yang mau membunuh-Nya, Ia menantang mereka dan berkata: "Pergilah dan katakanlah kepada si serigala itu: Aku mengusir setan dan menyembuhkan orang, pada hari ini dan besok, dan pada hari yang ketiga Aku akan selesai. Tetapi hari ini dan besok dan lusa Aku harus meneruskan perjalanan-Ku, sebab tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem” (bdk Luk 13:31-35). Perkataan Yesus di atas menggarisbawahi keyakinan kita bahwa Yesus datang ke dunia ini untuk menghancurkan kuasa Iblis. Puncak kehancuran itu di saat Yesus wafat di kayu salib dan bangkit kembali dari antara orang mati. Kota Yerusalem dengan pemimpin pada waktu itu menjadi saksi kehancuran Iblis itu sehingga Tuhan Yesus bernubuat: .....hingga pada saat kalian berkata: “Terberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan”.

Ada banyak pengalaman dalam Gereja tentang doa pengusiran setan dalam kuasa Yesus Kristus. Dengan menyebut nama Yesus setan lari tak berkutik. Nama Yesus nama yang mulia dan semua kuasa bumi, di bawah bumi dan di udara bertekuk lutut di hadapan-Nya. Amin





     

Adhitz Ads