Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Jumat, Oktober 07, 2016

OLEH KUASA KRISTUS SETAN DIKALAHKAN ! (Peringatan Maria Ratu Rosario)



Sejak kuasa Iblis merampas kebahagiaan Adam dan Hawa di taman Firdaus, tampaknya iblis merajalela merampok kebahagiaan manusia. Ia meracuni pikiran manusia untuk hidup dalam permusuhan dengan Tuhan dan sesama manusia, ia menimbulkan pertentangan, kemarahan dan kebencian serta balas dendam. Akibatnya tak henti-hentinya manusia hidup dalam peperangan antara suku dengan suku, kampung dengan kampung, desa dengan desa, bangsa dengan bangsa. Hingga hari ini pun keadaan seperti masih terasa di mana-mana, meskipun saat ini banyak umat manusia sudah beriman kepada Allah atau sudah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya. Mengapa? Jawabannya, tidak lain karena masih banyak umat manusia yang hidup menurut keinginan daging bukan keinginan Roh, masih banyak manusia yang meskipun beriman tetapi tidak hidup dari imannya melainkan dari nafsu duniawinya.

Ketika Yesus datang mewartakan kehadiran Kerajaan Allah yang menawarkan keselamatan melalui karya-Nya, ada yang percaya tetapi ada juga yang tetap menolak, bahkan memberi cap kepada-Nya bahwa Dia memiliki kuasa Beelzebul, sebab Dia bisa mengusir setan. Menurut padangan para lawan-Nya, hanya orang yang memiliki kuasa Beelzebul dapat mengusir setan. Maka dalam injil hari ini Yesus harus memberi penjelasan kepada para penantangnya bahwa kalau Ia mengusir setan dengan kuasa setan maka kerajaan setan akan terpecah-pecah, kerajaan itu tidak akan bertahan. Tetapi kalau Ia mengusir setan dengan kuasa Ilahi maka kuasa setan pasti dapat dikalahkan karena setan itu tahkluk di bawah kuasa Allah. “Jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. Apabila seorang yang kuat dan yang lengkap bersenjata menjaga rumahnya sendiri, maka amanlah segala miliknya. Tetapi jika seorang yang lebih kuat dari padanya menyerang dan mengalahkannya, maka orang itu akan merampas perlengkapan senjata, yang diandalkannya, dan akan membagi-bagikan rampasannya. Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan." (bdk Luk 11:15-26).

Dalam praktek pengusiran kuasa setan ini. Gereja Katolik yang kudus, katolik dan apostolik, sejak awal mula selalu memakai kuasa Yesus Kristus ini, karena iman akan Yesus Kristus yang dalam hidup dan karya-Nya telah mengalahkan setan teristimewa ketika Ia telah wafat di salib dan bangkit kembali dari antara orang mati. Maka semua orang yang beriman kepada Yesus Kristus dapat mengalahkan setan hanya dengan mengatakan: demi nama Yesus, enyahlah engkau roh jahat! Akan tetapi secara resmi Gereja juga mengangkat para imam yang ditahbiskan secara khusus sebagai exorcist = mereka diberi wewenang khusus untuk melakukan pengusiran roh jahat (yang sifatnya kuat dan legion).

Akan tetapi kata St. Paulus, dalam suratnya kepada jemaat di Galatia, dari bacaan pertama hari ini: mereka yang hidup dari iman akan diberkati, seperti halnya Abraham bapa bangsa Israel. Setiap orang beriman yang hidupnya benar dan sungguh mempraktekkan imannya dalam perbuatan-perbuatan baik pasti akan diberkati dan akan bebas dari gangguan roh jahat. Atau kalaupun mereka diganggu oleh kuasa roh jahat, mereka tak akan pernah gentar untuk menghadapinya karena mereka mengandalkan kuasa Tuhan yang mahatinggi, yang tak pernah bisa dilawan oleh kuasa Iblis. Oleh karena itu hiduplah menurut iman dan bukan menurut hukum Taurat (bdk Gal 3:7-14)

Hari ini kita merayakan pesta Bunda Maria Ratu Rosario, Bunda Yesus yang telah diperlengkapi oleh kuasa surga untuk mengalahkan setan karena jasa Yesus Kristus, puteranya. Dalam sebuah syair dari lagu yang berjudul ROSARIO, kita sering menyanyi: rosario lambang suci, pengalah setan pun musuh yang kejam (kesaksian tentang hal yang berhubungan syair lagu ini silahkan baca buku: Mujizat Rosario, terbitan OBOR).

Adhitz Ads