Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Sabtu, November 12, 2016

ALLAH MEMBENARKAN PARA PILIHANNYA !



Frater Jana pandai, tanpa sungguh-sungguh belajar ia selalu mendapat nilai A pada semua mata kuliah. Setiap kali menjelang ujian semester ia cuma mendengar teman-temannya berdiskusi dan ia pasti mendapat nilai A. Namun ia tidak lulus ujian sarjana karena tidak bisa menulis skripsi dan dengan demikian ia tidak bisa menyelesaikan pendidikan di seminari tinggi. Ia datang kepada uskupnya dan memohon agar ia boleh menjalankan tahun orientasi pastoral tanpa ijasah sarjana. Uskup mengizinkannya. Setelah dua tahun menjalankan masa orientasi itu, ia berhenti karena dinilai terlalu santai dan tidak optimal memanfaatkan potensi yang ada padanya.

Fr. Jana berhenti dan tinggal bersama orangtuanya di rumah. Dalam hati ia selalu berdoa, Uskup tidak menerima saya sekarang tetapi saya percaya Tuhan akan membawa saya pulang ke jalan imamat. Ia pun mencari pekerjaan pada suatu lembaga pendidikan. Di situ Jana bekerja serius, mendampingi para siswa dengan baik dan sering mendorong mereka untuk mengadakan pentas-pentas seni. Banyak orang bercerita tentang keberhasilan Frater Jana mendampingi anak-anak sehingga selalu mendapat juara di tingkat kabupaten dan Propinsi dalam pentas seni mereka. Cerita itu sampai juga kepada Uskup dan senang mendengarnya. Sementara itu frater Jana tetap mengobarkan harapan bahwa suatu saat ia akan jadi imam. Harapan itu kemudian terkabul ketika ia melamar untuk masuk lagi Uskup menerimanya. Ia dianjurkan untuk menjalankan masa orientasi sekali lagi. Masa orientasi dijalankannya dengan serius dan kemudian ia dinilai bisa ditahbiskan menjadi imam. Saat pentahbisannya ia bersaksi, saya menjadi imam ini karena selama saya menjadi frater dan dikeluarkan saya selalu menanam keyakinan dalam doa: Tuhan saya mencintaimu dan saya mau melayani sebagai imam. Dengan doa singkat ini, Tuhan memberinya jalan itu dan ia ditahbiskan.

Janda dalam cerita Yesus pada injil hari ini, tidak takut kepada hakim yang lalim di kotanya. Ia hanya ingin agar perkaranya segera diadili hakim lalim itu. Setiap hari ia mampir ke kantor hakim lalim itu dan memintanya agar perkaranya segera diurus. Pada mulanya hakim itu cuek saja, tetapi lama kelamaan ia juga takut, kalau-kalau janda itu menyerangnya. Karena itu ia mengabulkan permohonan janda itu dan memberinya kemenangan atas perkaranya. Kata Yesus: doa yang singkat tetapi tak jemu-jemunya itu akan membuat pintu surga akan terbuka untuk memberi jawabannya ! Tuhan akan membenarkan orang-orang pilihannya karena iman dan harapan mereka yang hidup (Luk 18:1-8). Iman yang dikobarkan dengan harapan, akan membuat doa-doa umat-Nya bisa menembus pintu surga. Tuhan menerima semua doa dari orang-orang yang tekun dan setia dalam iman dan harapan akan Dia.

Yohanes memuji jemaatnya yang bertekun dalam iman dan perbuatan baik. Dengan cara itu mereka memberi kesaksian tentang kebaikan Tuhan kepada orang lain yang tidak seiman dengan mereka. “Saudaraku yang kekasih, engkau bertindak sebagai orang percaya, di mana engkau berbuat segala sesuatu untuk saudara-saudara, sekalipun mereka adalah orang-orang asing. Mereka telah memberi kesaksian di hadapan jemaat tentang kasihmu. Baik benar perbuatanmu, jikalau engkau menolong mereka dalam perjalanan mereka, dengan suatu cara yang berkenan kepada Allah” (3 Yoh 1:5-8). Allah akan membenarkan setiap perbuatan baik yang dilakukan umat-Nya.

Doa adalah perbuatan baik untuk memuji dan menyembah Allah. Perbuatan baik, menolong sesama adalah buah-buah yang baik dari doa-doa. Orang yang senang melakukan perbuatan baik adalah orang-orang yang percaya bahwa mereka itu wujud dari kehadiran dan kebaikan Tuhan atas umat-Nya. Allah akan membenarkan perbuatan mereka.  

Adhitz Ads