Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Selasa, November 22, 2016

SAAT MENUAI TELAH TIBA !



 Ketika membaca perikope dari kitab Wahyu hari ini, saya teringat akan pesan Tuhan Yesus yang disampaikan kepada St. Faustina bahwa sesudah mengalami masa kerahiman akan datang masa pengadilan bagi umat manusia. Masa di mana manusia akan diadili menurut perbuatannya. Kalau salah ya salah dan kalau ya benar. Tak ada belas kasih lagi karena manusia sudah terlampau jahat dalam banyak hal. Pesan ini memang sangat keras dan menimbulkan banyak kontroversi antara para ahli yang membaca pesan itu. Apakah pemenuhan dari pesan itu akan terjadi sesudah kita menjalani Tahun Kerahiman ini? Hanya Tuhan sendiri yang tahu. Tetapi sesungguhnya kita semua perlu berwaspada, bersiap diri dan membaca tanda-tanda zaman. Sebab Tuhan sendiri telah mengingatkan kita terus menerus. Apa yang dilukiskan Kitab Wahyu hari ini (Why 14:14-20) tidak lain adalah sebuah perintah kepada malaikat untuk melaksanakan tugas “menuai” – mengadili manusia yang hidup dalam dosa.

Bagaimana cara pengadilan itu? Tuhan Yesus dalam nubuatnya hari ini menjawab hal itu dengan terus terang. Mereka bertanya: bila mana hal itu terjadi? Jawab Yesus: "Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Dia, dan: Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka. Dan apabila kamu mendengar tentang peperangan dan pemberontakan, janganlah kamu terkejut. Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera." (bdk Luk 21:5-11). Dalam pengajaran-Nya ini Tuhan Yesus beri “warning” – peringatan bahwa bila kamu mendengar ada berita tentang ini dan itu, jangan kamu terkejut, sebab semuanya itu akan terjadi lebih dahulu. Jika kita membandingkan peringatan ini dengan situasi dunia sekarang, maka sekali lagi saya mengatakan kita semua perlu berwaspada dalam doa. Mungkin saat menuai itu akan tiba segera!

Sering kita berdalih bahwa Kitab Suci jangan ditafsir secara harafiah, kita harus melihat latarbelakangnya (sitz im leben). Tetapi jika kita meihat hubungan sabda Yesus tentang nubuat-Nya dengan apa yang terjadi sesudahnya, bukankah kenyataan itu telah terjadi begitu cepat hanya berselang 37tahun sesudah kebangkitan-Nya dari antara orang mati.  Kota Yerusalem yang dipuja puji sebelumnya, telah mengalami pemenuhan dari sabda dalam Wahyu di atas. Ia hancur berkeping-keping karena dimusnahkan kaisar Titus pada tahun 70-an. Maka bukan tidak mungkin jarak waktu antara Tahun Kerahiman dan Tahun Pengadilan itu cuma berjarak 10 tahun saja. Yesus berkata kepada mereka: "Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan, dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit”.  Tentang kebenaran nubuat ini secara kasat mata telah kelihatan gejala-gejalanya. Musim menuai segera akan tiba!





Adhitz Ads