Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Selasa, Juli 11, 2017

ENGKAULAH PEMENANG !

Dalam sebuah pesta keluarga di seminari menengah tahun 1972, saya (kelas 4 = 1 SMA) dan teman saya dari kelas 5 (kelas II SMA) adalah pasangan ganda yang masuk babak final dalam pertandingan tennis meja (bola pingpong). Pertandingan itu diadakan pada jam rekreasi malam disoraki oleh para penonton, yaitu seluruh warga SMA, sehingga amat menegangkan. Para pendukung semuanya berdiri di belakang dan setiap kali meraih angka kami disoraki sambil mereka mencolek kami dari belakang. Pertandingan yang alot dan meriah itu terjadi hingga rubber set (tiga set), saling mengejar nilai dan akhirnya pasangan kami keluar sebagai pemenang. Di tengah kebahagiaan itu para pendukung bersorak sorai sambil “meninju” kami dan sesudah semuanya tenang kami mendapat hadiah amat istimewa, masing-masing mendapat sebuah salib jumbo.

Saat menerima hadiah itu rasa bahagia saya bertambah karena kami tidak pernah menduga akan mendapat hadiah salib jumbo seperti itu. Bagi saya, setelah bergumul dalam pertandingan yang menegangkan, saking senangnya, hadiah salib bukan saja terasa sebagai kemenangan atas pertandingan itu tetapi sebagai sebuah kemenangan iman. Entah mengapa, saya kurang tahu ! Kakak kelas pasangan ganda saya keluar kelas VI, tamat SMA dan saya menjadi imam! Masing-masing kami punya kemenangan hidup sendiri karena Tuhan menuntun setiap orang menurut rancangan-Nya.

Menurut cerita Kitab Kejadian hari ini (Kej 32:22-32) Yakub bergumul dalam sebuah perkelahian dengan seseorang tak dikenal. Dalam perkelahian itu Yakub sangat kuat dan sulit dikalahkan. Akhirnya Yakub dinyatakan sebagai pemenang dan orang tersebut mengganti nama Yakub dengan panggilan baru ISRAEL = Pemenang! Keturunanmu akan menjadi pemenang. Ya, pemenang dalam segala hal, dalam menata hidup yang baik, entah dalam hubungan dengan Tuhan, sesama dan pekerjaan dst. Yakub dan keturunannya diberkati adalah lanjutan berkat yang telah dijanjikan kepada Abraham dan Ishak. Dalam setiap pergumulan hidup Israel dan keturunannya keluar sebagai pemenang. Menjadi pemenang itu akhirnya menjadi visi misi bangsa ini selanjutnya hingga saat ini.

Dalam mengembangkan kerajaan-Nya Tuhan memilih pekerja-pekerja yang ulet, baik kaum religius maupun kaum awam, orang-orang yang secara khusus dipanggil dan dipilih untuk memajukan bidang pelayanannya masing-masing. Selama ini mungkin kita berpikir bahwa pekerja yang dipilih untuk ladang Tuhan ini adalah panggilan khusus bagi kaum religius semata (Mat 9:32-38). Hemat saya ladang Tuhan itu tersebar dalam pelbagai aspek kehidupan manusia sesuai dengan potensi dan rencana yang dirancangkan Tuhan. Kaum awam dipilih untuk menjadi pemenang dalam bidangnya, kaum religius dipanggil dan dipilih Tuhan guna menjadi pemenang dalam bidangnya. Ladang Tuhan sedemikian luas, kita semua dipanggil untuk mengelola ladang Tuhan yang luas ini demi kesejahteraan, kemakmuran dan kebahagiaan manusia itu sendiri. Dalam mengelola semua ini kita harus bertanding sedemikian rupa dan berusaha menjadi pemenang.

Nama yang diberi kepada kita saat pembaptisan adalah nama para kudus, nama para pemenang dalam mengimani Tuhan dan dalam mewujudkan iman itu dalam hidup dan karyanya. Mereka telah menjadi pemenang dalam hidupnya masing-masing, setelah mereka bergumul melewati pelbagai pencobaan hidup yang berat. Semoga Anda dan saya mulai saat ini selalu berpikir untuk menjadi pemenang sesuai dengan nama yang diberikan Tuhan kepada kita!    

Adhitz Ads