Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Senin, Juli 03, 2017

SOKO GURU IMAN KITA: PARA RASUL (pesta Rasul Tomas)

Pada bagian luar Basilika St. Petrus Vatikan di Roma, yang berbentuk setengah lingkaran itu, terdapat banyak patung antara lain patung dari para rasul seperti: Tadeus, Matius, Filipus, Tomas, Yakobus anak Zebedeus, Andreas, Yohanes Penginjil, Yakobus anak Alfeus, Bartolomeus, Simon. Sedangkan patung St. Petrus ada di bagian lain yakni di tengah di tempat berbeda. Dalam deretan patung para rasul ini ada juga patung Yohanes Pembaptis dan Tuhan Yesus sendiri. Para rasul adalah saksi mata kehidupan Tuhan Yesus ketika Ia mulai berkarya di tengah banyak orang di Israel. Mereka dipilih secara khusus untuk menyertai Dia kemana-mana hingga mereka berkumpul bersama sesudah kenaikan Tuhan Yesus ke surga dan menerima pencurahan Roh Kudus, kecuali Yudas Iskariot yang sudah mati bunuh diri sebelum Yesus wafat.

Semua rasul itu adalah orang-orang sederhana dari wilayah Galilea, nelayan, petani dan pemungut cukai. Pengalaman mereka bersama Yesus kurang lebih 3 tahun boleh dikatakan sempurna, sebab mereka menyaksikan karya-Nya, mendengar kotbah-Nya, melihat derita dan penyaliban-Nya, berjumpa dengan Yesus sesudah kebangkitan-Nya, sampai dengan Yesus naik ke surga. Walaupun selama hidup bersama Yesus, mereka menampilkan kelemahan mereka masing-masing karena keragu-raguan, namun setelah menerima Roh Kudus mereka satu dalam iman dan bersaksi: Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat, Yesus adalah puncak pemenuhan janji-janji Allah dalam Perjanjian Lama. Iman akan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat inilah, menjadi inti pewartaan mereka ke mana-mana.

Tomas dalam Injil hari ini menampilkan kekurangan imannya, karena pada mulanya ia tidak percaya akan kebangkitan Yesus. Setelah Yesus datang lagi dan meminta dia untuk mencucukan jarinya ke dalam luka-luka-Nya, dan setelah ia mengungkapkan imannya akan Yesus dalam dua kata paling penting dari iman kita: Ya Tuhanku dan Allahku ! (bdk Yoh 20:24-29). Yesus itu Allah yang telah menjelma menjadi manusia. Yesus itu Tuhan yang menebus dosa kita. Yesus datang dari Allah dan Dia adalah Allah. Iman akan Yesus sebagai Allah ini dirumuskan dalam Credo panjang – Nicea. Iman itu adalah iman para rasul sehingga mereka disebut soko guru Gereja, soko guru iman kita akan Yesus, termasuk Tomas yang kita rayakan pestanya hari ini.

Paulus yang juga disebut rasul, tetapi dengan pengalaman berbeda dari para rasul di atas, dalam suratnya kepada jemaat di Efesus hari ini memberi kesaksian: imanmu dibangun atas dasar iman para rasul dengan Kristus Yesus sebagai batu penjurunya. Di atas Dia tumbuhlah seluruh bangunan, yang rapi tersusun menjadi bait Allah yang kudus dalam Tuhan (bdk Ef 2:19-22). Ditinjau dari hebatnya karya Paulus, tampaknya ia melebihi para rasul yang lain, namun Paulus sangat menghormati para rasul ini karena merekalah yang menjadi tokoh utama yang bersaksi tentang Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Tanpa para rasul ini Paulus tidak akan mengenal Yesus dengan baik bahkan ia pada mulanya menentang ajaran mereka, sehingga menganiaya jemaat perdana. Namun sesudah ia bertobat, ia pun mengimani Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat!

Tomas termasuk dalam soko guru iman kita akan Yesus. Semoga oleh doa-doanya kita tetap percaya seperti dia dan mengakui Yesus dengan berkata: Ya Tuhanku dan Allahku ! 



     

     

Adhitz Ads