Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Jumat, Agustus 04, 2017

MENERIMA KUASA PENUH ! (pesta St. Yohanes Maria Vianney)

Selama mengikuti pendidikan di SMA Seminari Menengah, buku riwayat para kudus menjadi makanan utama saya untuk bacaan rohani bulanan saat rekoleksi. Salah satu buku yang tak pernah bosan untuk dibaca adalah riwayat hidup dan karya St. Yohanes Maria Vianney. Saya selalu kagum pada kesalehannya dan juga pada kuasa doa yang menimbulkan pertobatan umat di seluruh parokinya. St. Yohanes M. Vianney sungguh mendapat kuasa penuh untuk mengusir setan dan menyembuhkan orang secara rohani dan jasmani. Luar biasa !

Ketika melihat orang banyak datang kepada-Nya, hati Yesus tergerak oleh belas kasihan untuk menolong mereka, Ia pun melenyapkan segala penyakit dan kelemahan serta mengusir setan-setan. Lalu Ia meminta para murid agar berdoa memohon kepada Bapa supaya Bapa mengutus para pekerja guna menuai panenan yang berlimpah di ladang-Nya dan sesudah itu Ia mengutus mereka dengan memberikan kuasa penuh untuk mengusir setan dan melenyapkan segala penyakit. Kita tahu para murid melakukan semuanya itu dengan gembira dan penuh syukur sebab kuasa-kuasa itu terjadi menurut perutusan yang mereka terima.

Allah menghendaki kita hidup menurut kehendak-Nya, demikian tuntutan-Nya kepada umat Israel. Dalam kitab Imamat hari ini, Tuhan memberi perintah kepada Musa untuk menetapkan hari-hari suci – hari Paskah bagi Tuhan yang didahului oleh hari raya Roti Tak Beragi serta peraturan lainnya untuk melakukan pendamaian dengan Tuhan agar seluruh bangsa ini dikuduskan dan didamaikan dengan Tuhan (Im 23:1.4-11.15-16.27.34b-37). Hidup kudus adalah prasyarat untuk menerima kuasa penuh dari Tuhan, sehingga mereka diberkati dalam pelbagai usaha dan perjuangannya hingga tiba ke tanah terjanji.

Para uskup (pengganti para rasul) dan para imam menerima kuasa penuh untuk melayani jemaat Allah. Mereka dipenuhi karunia berlimpah di saat menerima urapan imamat. Mereka dipanggil, dipilih, diurapi dan diutus untuk mewartakan kabar gembira tentang Kerajaan Allah sambil menyembuhkan yang sakit dan mengusir setan-setan. Para rasul telah mendapatkan semua kegenapan dari perutusan itu. Santo santa kita juga mendapatkan kepenuhan yang sama. Namun kita tahu bahwa bukan hanya mereka saja yang menerima kuasa itu, melainkan juga semua orang yang percaya karena pembaptisan dan krisma. Dasar biblis dari perintah ini dapat Anda baca dalam Markus 16: 15-20.

Kuasa itu ada pada kita. Karunia-karunia Allah telah kita terima. Tugas kita dalam pelayanan di dalam Kerajaan Allah ini adalah memanfaatkan semua pemberian itu agar dunia ini diperbaharui dengan cara Tuhan sendiri, bukan dengan cara kita sampai kita memasuki tanah air surgawi. Amin     














Adhitz Ads