Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Rabu, Agustus 31, 2016

ADA DOKTER DARI SEGALA DOKTER !



Sakit dan penderitaan lainnya membuat manusia tak berdaya sedikit pun untuk melakukan pekerjaannya. Jika penderitaan itu berat dan sulit disembuhkan pasti mendatangkan rasa putus asa, takut dan bisa kehilangan iman. Dalam krisis seperti ini biasanya manusia mencari solusi pada kuasa-kuasa manusiawi atau kuasa-kuasa roh duniawi melalui dukun-dukun dsb. Keadaan seperti ini biasanya sipenderita diberi kesembuhan sementara dan akhirnya terikat pada kuasa-kuasa yang tidak sesuai dengan iman katolik.

Injil hari ini menceritakan kehadiran Yesus di tengah orang banyak di kota Kapernaum di tepi danau Galilea. Banyak sekali orang sakit dengan berbagai penyakit termasuk yang dirasuki roh jahat datang kepadanya dan mereka semua disembuhkan.  Inilah cerita Lukas: “Ketika matahari terbenam, semua orang membawa kepada-Nya orang-orang sakitnya, yang menderita bermacam-macam penyakit. Ia pun meletakkan tangan-Nya atas mereka masing-masing dan menyembuhkan mereka. Dari banyak orang keluar juga setan-setan sambil berteriak: "Engkau adalah Anak Allah." Lalu Ia dengan keras melarang mereka dan tidak memperbolehkan mereka berbicara, karena mereka tahu bahwa Ia adalah Mesias” (bdk Luk 4: 38-44).

Cerita ini mengingatkan kita bahwa kuasa yang ada pada Yesus itu luar biasa. Tanpa diagnosa Dia menyembuhkan mereka hanya dengan bersabda atau memandang-Nya saja. Tak ada dokter di dunia ini yang memiliki kuasa seperti itu selain terdapat pada Yesus. Mengapa? Karena Dia adalah Allah yang menjelma menjadi manusia. Segala kuasa ada pada-Nya. Kalau Dia melakukan semua itu Ia melakukan atas kehendak Allah di dalam kodrat-Nya sebagai manusia. Ia sungguh seperti dokter dari segala dokter. Setan-setan yang merasuki orang-orang sakit itu percaya bahwa Dia adalah Allah. Teriakan mereka mengatakan kebenaran itu: “Dari banyak orang keluar juga setan-setan sambil berteriak: "Engkau adalah Anak Allah”. 

St. Paulus sebagai rasul yang dipilih Tuhan sendiri mengakui eksistensinya sebagai orang pilihan Allah dan yang dipakai Tuhan menjadi rekan kerja-Nya. Sebagai rekan kerja Tuhan kini ia merasa telah menjadi manusia rohani yang dapat melakukan semua pekerjaan Tuhan tanpa meremehkan yang lain dengan membuat perbandingan yang sifatnya memecahbelah. Ia merasa bahwa ia telah menanam benih sabda di dalam hati setiap orang yang percaya, kini ia mempersilahkan orang lain (Apolos) yang menyiramnya. Tetapi satu hal yang pasti adalah: Allah sendiri yang memberi pertumbuhan atas benih itu (bdk 1 Kor 3:1-9). Karena itu jangan pernah kita membuat perbandingan tentang tinggi rendahnya nilai pekerjaan kita di dunia ini, sebab kita hanyalah alat yang dipakai Tuhan untuk menyalurkan kasih-Nya kepada sesama.

Pemimpin utama kita adalah YESUS, dokter utama kita juga adalah YESUS. Kalau kita diberi kuasa 
untuk memimpin dan menyembuhkan, maka yang perlu diyakini dari hal itu bahwa kita cumalah alat 
yang dipakai Tuhan untuk melakukan semua pekerjaan-Nya. Amin

Adhitz Ads