Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Senin, Desember 19, 2016

WANITA-WANITA MANDUL BERANAK?



Rindu untuk mendapatkan anak adalah kerinduan umum setiap pasangan suami istri, sebab salah satu tujuan perkawinan adalah untuk mendapatkan keturunan. Jikalau kerinduan itu tidak terpenuhi, maka ada-ada saja usaha pasangan suami istri itu untuk mengadopsi anak. Mereka bisa mengadopsi anak dari salah satu anggota keluarga dekat atau anak dari panti asuhan, atau kini juga marak terjadi membeli anak dari kejahatan penculikan anak. Yang terakhir ini disebut kriminal karena perbuatan itu melanggar hak azasi manusia dan undang-undang perlindungan anak.

Wanita mandul yang diceritakan dalam kitab Hakim-Hakim hari ini memperoleh tidak dengan salah satu cara yang dikatakan di atas. Ia memperoleh anak di usia tua sebagai jawaban atas doa, nazar serta puasa yang sering dijalankannya. Doa dan usaha rohaninya itu disempurnakan lagi oleh nasihat malaikat yang datang menjumpainya yaitu ia tidak boleh minum anggur yang memabukkan dan tidak makan sesuatu yang haram menurut aturan agama Yahudi. Sesudah ia menjalankan semua pesan itu iapun mengandung dan melahirkan anak yang diberi nama Simson yang berarti istimewa dan kuat. Simson menjadi nazir Allah, dipersiapkan untuk membebaskan bangsa Israel dari kecemaran kekafiran dan membawa bangsa ini agar kembali menyembah Tuhan yang benar (Hak 13:2-7.24-25a)

Lain lagi cerita wanita mandul bernama Elisabeth dalam Injil hari ini. Ia istri dari imam Zakharias. Pasangan ini sudah lanjut usia namun tetap tekun dalam doa untuk mendapatkan keturunan. Doa penuh harapan yang mereka panjatkan membuat yang mustahil menjadi tidak mustahil, lantaran doa mereka juga dikabulkan. Malaikat datang memberitahu tentang terkabulnya doa mereka kepada imam Zakharias ketika dia bertugas membawa persembahan di bait Allah. Tetapi karena imam ini tidak percaya maka ia diberi tanda menjadi bisu. Waktu anak itu lahir ia diberi Yohanes artinya: Allah merahmati. Yohanes dipilih dan diutus untuk mempersiapkan jalan bagi kedatangan Yesus Kristus. Dia disebut bentara Kristus. Karena itu kotbah-kotbahnya sangat bersifat kenabian: mengingatkan Israel akan dosa-dosa mereka dan harus bertobat. Tidak heran kalau ia tinggal di Yordan dan membaptis banyak orang.

Dari dua cerita di atas kita berkesimpulan bahwa: pertama,  tak ada yang mustahil bagi Tuhan; kedua, orang yang bertekun dalam doa yang disertai puasa dan nazar tertentu, doa mereka pasti dikabulkan; ketiga, jika doa dikabulkan maka selalu ada misi tertentu yang harus dilakukan oleh mereka yang mengalaminya. Semoga semua wanita mandul mengalami mujizat Tuhan dan mereka boleh dihibur oleh kasih-Nya.


Adhitz Ads