Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Sabtu, Desember 24, 2016

TELAH LAHIR SANG JURU SELAMAT ! (misa malam)



Banyak orang rindu keselamatan dan perlindungan bagi jiwa dan raga agar bebas dari segala bahaya dan gangguan yang merugikan. Bagi yang rindu doa harian mereka kepada Tuhan selalu disertai harapan akan perlindungan itu. Ketika negeri ini diganggu oleh radikalisme agama dan teroris, semua orang berseru: Tuhan lindungilah kami dan negeri kami dari bahaya perpecahan dst. Dalam keadaan seperti ini doa malam natal 2016 ini pasti diwarnai oleh permohonan damai dan harapan akan perlindungan itu.

Sang Juru Selamat telah lahir 2000 tahun silam dan kini kita hanya merayakan kembali peristiwa bersejarah itu dengan upacara meriah dalam ekaristi Natal disertai pelbagai persiapan lahir dan batin sambil menciptakan suasana sukacita dengan lagu, kado, St. Klaus, pohon natal dll. Apa yang kita lakukan dalam peringatan sekarang ini tidak mencerminkan apa yang dialami oleh Maria dan Yosef di saat kelahiran Sang Juru Selamat. Mereka hanya heran ketika menerima orang-orang yang tidak dikenal datang satu persatu dan mengatakan bahwa mereka telah mendengar warta dari malaikat yang memberitahu bahwa “telah lahir Sang Juru Selamat” di kota Daud. Kami datang menjumpai Dia. Maria dan Yosef menyimak perkataan para gembala dan menyimpannya dalam hati. ini rahasia besar Allah bagi manusia. Keduanya sudah tahu akan seluruh peristiwa ini dan menyimpannya dalam hati (bdk Luk 2:1-14)

Setelah Yesus bangkit dari alam maut dan ketika para rasul menerima Roh Kudus, pengakuan akan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat diberitakan kepada semua orang yang mendengar warta mereka. Orang-orang yang percaya pun dibaptis dan menjadi pengikut-Nya. Sejak saat itu mazhab baru ini mulai berkembang dan kini berjumlah 1,5 milliar. Melalui para rasul dan para penggantinya serta ahli-ahli Kitab Suci, teologi dan ahli sejarah Gereja serta para kudus terbentuklah kini organisasi Gereja Katolik yang rapi, teratur, terarah dengan visi misi keselamatan dan berita pertobatan dan damai bagi segenap umat manusia. Tujuan keselamatan itu sajalah yang diusahakan oleh misi Gereja dalam perjalanan karyanya. Kalau ada orang yang menolaknya tidak apa-apa, sebab Tuhan memberi kebebasan bagi setiap manusia untuk memilih jalan hidup beriman kepada-Nya. Jika kita dihadang dan diperlakukan dengan cara tak adil, kita sesali saja tindakan itu sambil berusaha mendoakan mendoakan dan mengampuni mereka. Kita tetap berdiri pada keyakinan kita. Yesus itu Juru Selamat. Hanya melalui Dia orang sampai kepada Bapa.

Jika karena tidak mau atau bimbang orang menerima Dia, kita yang percaya hanya yakin bahwa tak seorang manusia pun di bumi ini yang kedatangannya dinubuatkan ribuan abad sebelumnya oleh para nabi dan para bapa bangsa serta imam-imam yang dipilh untuk memngtakan kebenaran ini. Juga tak seorang anak manusia pun yang pernah hidup di dunia ini tercatat melakukan karya besar seperti Dia dan mengatakan kepada kita bahwa Dia datang dari Allah dan Dia berkorban untuk keselamatan kita. karena itulah maka St. Paulus mengatakan: rahmat Allah kini tampak bagi semua karena Dia yang telah melakukan segala keajaiban Allah dalam hidup dan karya-Nya (Tit 2:11-14).

Dia sudah membuka jalan keselamatan itu, semoga oleh tuntunan-Nya kita mampu menyelamatkan diri kita sendiri dan juga sesama kita, bila mereka mau menerima DIA.


Adhitz Ads