Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Jumat, Desember 23, 2016

NAMANYA YOHANES !



Nama YOHANES, yang berarti TUHAN PENYAYANG rupanya menjadi nama yang cukup istimewa dalam Kitab Suci dan juga dalam sejarah Gereja serta para kudus. Nama ini muncul pertama kali dalam Kitab Suci, Yohanes, anak Zakharias dan Elisabeth (Luk 1:57-66). Kedua Yohanes salah seorang murid Yesus yang menyebut dirinya sebagai murid yang dikasihi, ia diberi kesempatan bersama Maria ibu Yesus menyaksikan seluruh peristiwa hidup Yesus sejak pertama kali dipanggil hingga jalan salib, peristiwa penyaliban, wafat dan kebangkitan Yesus dari alam maut. Yohanes inilah juga yang menulis Injil ke-empat, surat Yohanes dan juga Kitab Wahyu.

Nama Paus Yohanes yang memimpin Gereja Katolik sejagat sudah berjumlah 23 orang dan Yohanes Paulus sudah 2 orang. Nama orang kudus dengan nama Yohanes dalam deretan para kudus (lihat buku “Orang Kudus Sepanjang Tahun” – bagian index) terdapat 36 nama Yohanes. Yang terkenal dari mereka antara lain Santu Yohanes Maria Vianney, Yohanes Don Bosco dan Yohanes Salib. Dilihat dari jumlah nama dalam buku tersebut, nama Yohanes sangat tersohor. Dari seluruh sifat yang ditampilkan para para kudus ini, dapat disimpulkan bahwa dalam diri mereka tercermin sifat Allah yang berbelaskasih - yang penyayang, melalui semangat pembaharuan hidup yang mereka hayati dan melalui pewartaan yang lakukan guna membaharui hati sesama dan Gereja pada umumnya. Tokoh Yohanes adalah tokoh pengasih dan penyayang dan juga pembaharu.

Kelahiran Yohanes anak Zakharia dan Elisabeth hari ini telah dinubuatkan oleh nabi Maleakhi dalam baaan pertama hari ini. Ia disebut sebagai Elia yang akan datang untuk mempersiapkan jalan bagi Tuhan. “Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu. Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah” (Mal 4:5-6). Dilihat dari cerita Kitab Suci, perbedaan usia antara Yohanes dan Tuhan Yesus adalah 6 bulan. Dalam karyanya kemudian Yohanes memang menjadi bentara Kristus.

Nama kita masing-masing adalah yang kudus sejak kita dibaptis dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus. Mengetahui atau tanpa mengetahui arti dari nama-nama yang kita pakai, yang pasti nama kita dikuduskan untuk menguduskan diri sendiri, sesama dan dunia ini. Dalam tugas pengudusan itu tersirat kebaikan Allah yang menyelamatkan dan yang mengasihi. Siapa pun nama Anda dan saya, di dalam tugas pengudusan sebagai anggota Gereja Kristus,  kita perlu berusaha menghayati dan mewartakan Allah yang mengasihi dan menyelamatkan, sebagaimana Ia telah datang untuk mengasihi dan menyelamatkan kita. Amin 

Adhitz Ads