Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!

Sabda-MU, Terang Bagi Jalan-ku…!
❝ Your Word is A Lamp for My Feet, A Light for My Path. ❞     「Psalm 119:105  —  The New American Bible, Revised Edition (NABRE).」

Alkitab On-Line

 

Alkitab On-Line :

Ketik Kata atau Ayat :

Alkitab    Bahan

Amazon Associates Rotating Banner

Search Engines with English Only

Rabu, Desember 07, 2016

YANG LEMAH dan LELAH DIKUATKAN !



Minggu lalu, dalam rangka perayaan 50 tahun berdirinya Panti Rehabilitasi Kusta dan Cacat, tanggal 1 dan 3 Desember saudara saudari dari komunitas “disable” St. Damian Cancar, Ruteng, Flores, mengadakan konser lagu, drama dan seni di Labuan Bajo, Komodo, Flores Barat. Ketika menyaksikan pentas yang mengagumkan itu, sambil menyeka air mata para penonton tercengang-cengang menyaksikan pentas yang hebat itu. Mengapa? Dalam thema besar: KAMI JUGA BISA, para penyandang cacat, yang tanpa kaki, yang hanya bisa duduk di kursi roda, atau yang hanya bisa berdiri dengan bantuan tongkat, bisa menyanyi, menari, berjalan pakai lengan, bisa menulis, bisa bermain musik seperti orang-orang lain yang normal. Oleh bantuan para suster dan para seniman serta orang-orang yang lain secara sukarela melatih saudara-saudari ini, mereka memang bisa melakukan segalanya.  

Saudara-saudari ini dalam nada penuh syukur tentu akan terus menerus bercerita tentang Tuhan yang maharahim, mahabaik, mahaadil, mahacinta, sebab melalui sesama yang peduli akan kelemahan dan kelelahan mereka Tuhan telah memberi mereka kekuatan untuk bisa melakukan segala sesuatu seperti orang-orang normal lainnya. Yang jatuh diangkat, yang lelah dan lemah dikuatkan, yang tak berdaya diberdaya dst. Mereka terus menerus bersaksi tentang kebesaran-Nya, cinta dan penyertaan-Nya. Banyak dari antara mereka mengatakan: Tuhanku hidup, Tuhanku ajaib, betapa agung cinta-Nya!

Apa yang terjadi pada saudara-saudari ini sudah dinubuatkan nabi Yesaya dalam perjanjian lama. “Tidakkah kautahu, dan tidakkah kaudengar? TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya. Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah” (Yes 40:28-31)

Nubuat ini bertujuan menguatkan bangsa Israel yang telah hidup dalam keputusasaan di tempat pembuangan Babilonia. Mendengar janji ini hati mereka dikobarkan untuk kembali percaya akan kasih Tuhan yang rela mendengarkan doa mereka. Nubuat ini memang kemudian sungguh-sungguh terjadi, ketika mereka dipulanglan ke Yerusalem.

Saat Yesus mulai bekerja di tengah bangsa-Nya sendiri, Ia bahkan mengundang orang-orang yang letih lesu dan berbeban berat itu dengan mengatakan: “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan” (bdk Mat 11:28-30). Undangan Yesus di sini bukanlah sekedar basa basi tetapi mengandung kuasa yang dapat menguatkan yang lemah, membebaskan yang tertindas, mengampuni yang berdosa, menyembuhkan yang sakit, menghimpun yang tercerai berai, mendamaikam yang bermusuhan dst.

Undangan itu berlaku juga hari ini, sekarang dan esok, semua janji-Nya akan terpenuhi asal saja Anda percaya dan mau datang kepada-Nya ! Amin

Adhitz Ads